Analisis Pengembangan Civic Skills Peserta Didik Oleh Guru Ppkn Di MTS Al – Ikhlas Tanjung Bintang Lampung selatan
Abstract
The purpose ofthe research was to know the efforts of Civic Education teacher in the development of students civic skills at MTs Al – Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan. This research used qualitative descriptive methods. The determination of the informant or the subject in this research used a purposive sampling technique. The results showed that development of students civic skills by Civic Education teachers at MTs Al – Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan conducted with efforts based on teacherscompetencies. Hardskills included professional competence and pedagogic competence of teachers, while softskills included personality competence and social competence of teachers. The competency of teachers at MTs Al – Ikhlas Tanjung Bintang has been adequate in teaching and cultivating religious values for the development of civic skills.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PPKn dalam pengembangan civic skills peserta didik di MTs Al – Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan atau subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan civic skills peserta didik oleh guru PPKn di MTs Al – Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan dilakukan dengan upaya berdasarkan kompetensi-kompetensi guru yang dimilikinya. Kemampuan hardskills mencakup kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru, sedangkan kemampuan softskills mencakup kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru. Kompetensi guru di MTs Al – Ikhlas Tanjung Bintang sudah memadai dalam mengajar dan menanamkan nilai – nilai religius untuk pengembangan civic skills.
Kata kunci : Guru PPKn, Kompetensi Guru, Pengembangan, Civic Skills
Full Text:
PDFReferences
Branson, Margaret Stimmann. 1998. The Role Of Civic Education A Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Network. Washington, DC: The George Washington University.
Budimansyah, Dasim. 2006. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Portofolio. Jurnal Civics. Vol 03. No 01.
Iswadi, Hazrul. 2016. Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 Yang Baru Di Rilis. Surabaya. Diakses pada 2 November 2018, pukul 09:30 WIB. http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Sekelumit-dari-Hasil-PISA-2015-yang-Baru-Dirilis.html
Komalasari, Kokom. 2011. Kontribusi Pembelajaran Kontekstual untuk Pengembangan Kompetensi Kewarganegaraan Peserta Didik SMP di Jabar. Jurnal Mimbar. Vol 27. No 01.
Murdiono, Mukhamad. 2012. Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Portofolio. Yokyakarta: Penerbit Ombak.
Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sudarsana, I Ketut. 2015. Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu. Vol 02. No 02.
Suryani, Nunuk. dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Ubaedillah, Abdul Rozak. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Eucation) Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zubaidah, Siti. 2016. Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Researchgate. Vol 03. No 01.
Refbacks
- There are currently no refbacks.