Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia Dini

Rezki Erfinda Dinar, Hermi Yanzi, Abdul Halim

Abstract


The purpose of this study was to describe the role of the teacher in instilling nationalism in early childhood in shaping the nationalist attitude of students in Raudlatul Ulum Kresnomulyo Kindergarten. The research method used in this research is descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques use interviews, observation, and documentation while data analysis uses data validity techniques with triangulation. Based on the results of the study note that; The teachers at Raudlatul Ulum Kindergarten have carried out the planting of nationalism towards their students both in learning activities and outside learning. As for the example of the implementation of planting nationalism in learning activities, the teacher and students sing national songs or nationalities before the learning activities begin. Whereas outside learning activities there is one example of the implementation of the planting of nationalist attitudes, namely the routine activities of flag ceremonies that are held every Monday. 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme pada anak usia dini dalam membentuk sikap nasionalis peserta didik di TK Raudlatul Ulum Kresnomulyo. Metode penelitian yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan teknik keabsahan data dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; Para guru di TK Raudlatul Ulum telah melaksanakan penanaman sikap nasionalisme kepada peserta didiknya baik di dalam kegiatan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. adapun salah contoh dari pelaksanaan penanaman sikap nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran adalah guru dan peserta didik menyanyikan lagu nasional atau kebangsaan sebelum kegiatan belajara dimulai. Sedangkan di luar kegiatan pembelajaran terdapat salah satu contoh dari pelaksanaan penanaman sikap nasionalisme yaitu kegiatan rutin upacara bendera yang dilakukan setiap hari senin. 

Kata Kunci : Pelaksanaan, Penanaman, Sikap, Nasionalisme

 


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Iramdhan. 2017. Paham Nasionalisme dan Pergerakan Kebangsaan di Indonesia dari Tahun 1900-1942. Jurnal Sosio-E-Kons. Vol 9, no 1 hal 46-53.

Silaban, Winner. 2012. Pemikiran Soekarno Tentang Nasionalisme. Jurnal Dinamika Politik. Vol 1, No. 3 hal 1-6.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syarbaini, Syahrial & Rusdiyanta. 2013. Dasar-dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trisandi, Relligius Aprilia. 2013. Peran Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Slawi Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Mahasiswa Unesa. Vol 3, No 2. hal 1-9.

Yufiarti &Titi Chandrawati. 2008. Profesionalitas Guru PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.