Implementasi Program Parenting Skills dalam Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik
Abstract
The purpose of this research is to know the implementation of the parenting skills programs in enhancing the religious character of students at SMPIT Permata Bunda Alawiyah. The methods of this research was qualitative descriptive and the subject of this research were principals, teachers, parents, and learners. Data collection techniques used interviews, observations, and documentation. The results showed that the implementation of the parenting skills programs improved the religious character of students: The planning of parenting skills program was prepared by holding a plenary meeting, committee member meetings and a fixation meeting. The implementation of five parenting skills program can run with the support and cooperation among school management, foundation, and parents. After five parenting skills program were carried out and monitored through a liaison book, evaluation sheet of worship, and parental communication to parents can be seen by the increased of their religious characteristics.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program parenting skills dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMPIT Permata Bunda Alawiyah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, orangtua peserta didik, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program parenting skills meningkatkan karakter religius peserta didik: Perencanaan program parenting skills dipersiapkan dengan cara mengadakan rapat pleno, rapat anggota komite, dan rapat fiksasi. Pelaksanaan kelima program parenting skills dapat berjalan dengan adanya dukungan dan kerjasama antara manajemen sekolah, yayasan, dan orangtua peserta didik. Setelah kelima program parenting skills dilaksanakan dan dipantau melalui buku penghubung, lembar evaluasi ibadah, dan komunikasi wali kelas kepada orangtua bisa terlihat bahwa peserta didik mengalami peningkatan dalam karakteristik religiusnya.
Kata kunci: Parenting Skills, Karakter Religus.
Full Text:
PDFReferences
Anisah, Ani Siti. 2011. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol 5.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Erlanti, M.S, Mulyana N, Wibowo H. 2016. Teknik Parenting dan Pengasuhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Insan Pratama Bandung. Jurnal Prosiding. Vol 3. No 4.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, SW. 2017. Holistic Parenting: Pengasuhan Religius Berlandaskan Konsep Islam. Jurnal Psiko Utama. Vol 5. No 2.
Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN-Maliki Press.
Siswanto. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius. Jurnal Tadris.Vol 8. No 1.