Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Pelaksanaan Lintas Minat

Nur Sidik, Hermi Yanzi, Berchah Pitoewas

Abstract


The purpose of this research was to know and analyze the factors influencing Learner learning difficulties in following the implementation of the programme of cross-Curriculum based on interest in 2013 In SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. The method used is descriptive quantitative approach. The population in this study amounted to 32 students. Principal techniques using question form while interviewing and documentation as supporting techniques. Data analysis using the chi squared. The results of the study showed that the factors influencing students' learning difficulties in following the cross-interest program implementation at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung consisted of two factors: internal factors and external factors. With the acquisition and the results of the analysis of the effect test using the chi square formula, internal factors that influence learning difficulties in following the cross-interest program implementation are talent factors, while the external factors that influence learning difficulties in following the cross-interest program implementation are friends.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Mengikuti Pelaksanaan Program Lintas Minat Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik. Teknik pokok menggunakan angket sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Analisis data menggunakan chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik dalam mengikuti pelaksanaan program lintas minat di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dengan perolehan dan hasil analisis uji pengaruh menggunakan rumus chi kuadrat, faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam mengikuti pelaksanaan program lintas minat yaitu faktor bakat, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam mengikuti pelaksanaan program lintas minat yaitu faktor teman.

Kata kunci: faktor-faktor, kesulitan belajar, Lintas minat


Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Harisandi. 2015. Pengaruh pembelajaran lintas minat ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MIA SMA [skripsi]. Pontianak Universitas Tanjungpura: tidak diterbitkan.

Irham dan Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Model Peminatan dan Lintas Minat. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (E-book) Diakses tanggal 29 Maret 2018.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.