Peranan Sekolah Berbasis Islam Dalam Menerapkan Nilai Religius Siswa Di Mts Mathlaul Anwar

Iqbal Haries Suhada, Hermi Yanzi, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this study is to describe and analyze the role of Islam in the implementation of school-based student relegius value and giving Islamic religious education and the application of value relegius students in school.The method used in this experiment is descriptive quantitative research that is then processed and analyzed to be concluded. Subjeck research is students of MTs, Mathlaul Anwar Landsbaw. The technique of collecting data using questionnaires / questionnaire and interview, while data analysis using Chi Square and the interval formula.These results indicate the school has been instrumental in the formation of a character relegius students, with the provision that they are better equipped taught by such teachers inculcate Islamic values in the learning process. In forming attitudes of young Muslims insightful schools have incorporated the values of islam through formal chennels.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peranan sekolah berbasis Islam dalam penerapan nilai relegius siswa dan pemberian pendidikan agama Islam dan penerapan nilai relegius siswa di sekolah metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Subjeck penelitian adalah siswa siswi MTs, Mathlaul anwar Landsbaw. Teknik pengmpulan data menggunakan angket /kuesioner dan wawancara, Sedangkan analisis data menggunakan rumus interval dan Chi Kuadrat Hasil penelitian ini menunjukkan sekolah telah berperan dalam pemebntukan karakter relegius siswa, dengan pemberian bekal yang baik yang diajarkan oleh guru seperti menanamkan nilai nilai Islam dalam proses pembelajarannya. Dalam pembentukan sikap generasi muda Islam yang berwawasan luas sekolah telah memasukkan nilai nilai Islam memaluluisaluran formal.

Kata kunci : nilai religius siswa,penerapan nilai, sekolah berbasis islam


Full Text:

PDF

References


Abdullah Nashih Ulwan,1981. Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam.CV AsyifaSemarang.

Agus Irianto.2008. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya.Kencana : Jakarta.

Agus Wibowo.2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa.

Ahmad Muhaimin Azzet. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter Dindonesia. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Al-Syaibany, Al-Toumy, Omar Muhammad, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta, Bulan Bintang, cetakan pertama. Dari: Falsafatut Tarbiyyah al-Islamiyah Penerjemah Ir. Juniarso dkk.

Arikunto, Suharsimi, 2003. Prosedur Penelitian : suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Berperadaban.Pustaka Pelajar:Yogakarta Drost, JIGM.

Sekolah Mengajar atau Mendidik, Kanisius 1998 Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendekatan Konstekstual. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta

Muhammad Zainal Abidin, 2006. Personal Site Sekolah Islam Terpadu (Konsep dan Aplikasinya). JSIT Indonesia: Jakarta.

Priyatno,1996.Syariah Islam Dalam Menghadapi Kenakalan Remaja. PT Almaarif Bandung.

Zakiyah Daradjat, Kesehatan Mental. Gunung Agung Jakarta, 1996


Refbacks

  • There are currently no refbacks.