Pengaruh Belajar Kelompok terhadap Pencapaian Kompetensi Dasar dalam Mata Pelajaran PPKn

Fitri Atika Candra, Berchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The aim of this research is to describe the influence group of learning toward basic competence achievement in understanding of various meaning bhineka tunggal ika in PPKN subject at class VIIIC and VIIIE SMPN 1 Seputih Agung. The method that is used in this research is descriptive method with quantitative approach that have population 72 participant. Data collecting technique in this research is using inquiry and choose presentase as the data analysis technique. The result of this research showed that group of learning can influence toward basic competence achievement in understanding of various meaning Bhineka Tunggal Ika in PPKN subject, with sharing information and solve the problem together can make the student easy to study. Group of learning can compose students tolerance attitude, accepting the opinion and have a good cooperation in group.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh belajar kelompok terhadap pencapaian kompetensi dasar memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika mata pelajaran PPKn di kelas VIII C dan VIII E SMPN 1 Seputih Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantatif dengan populasi yang berjumlah 72 responden. Teknik pokok pengumpuan data menggunakan angket, analisis data menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa belajar kelompok cukup berpengaruh dalam pencapain kompetensi dasar memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika mata pelajaran PPKn, dengan saling berbagi informasi dan menyelesaikan masalah bersama-sama dapat mempermudah siswa dalam belajar. Belajar kelompok dapat membentuk sikap siswa yang bertoleransi, menerima pendapat teman dan memiliki ketrampilan bekerjasama dalam kelompok.

Kata kunci: belajar, kelompok, kompetensi dasar


Full Text:

PDF

References


Amri. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Depdiknas.2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.

McAshan. 1981. Competency Based Education and Behavioral Objectives. America: Education Technology Publicataions.

Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Roestiyah N.K.2008.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.