Peranan Permainan Gobag Sodor untuk Meningkatkan Civic Skills Siswa di SD Negeri 3

Yesi Surya Resita, Hermi Yanzi, Yunisca Nurmalisa

Abstract


This study aims to describe the role of gobag sodor game in improving students civis skills at SD Negeri 3 Karang Anyar Jati Agung South Lampung. The design used was qualitative descriptive in which purposive sampling and snow ball sampling were used in order to gain the sample of the research, additionally the researcher itself was the key instrument. It was found that the gobag sodor game played an important and good role in improving students civis skills which were intelectual skill, social skill,and participating skill. The Gobag Sodor itself helped students in developing students creativity and the students got the value and experience directly from the game. Besides improving stduents civis skills which was able to support studentsachievements, playing Gobag Sodor game was able to prepetuate the Indonesian traditional games.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan permainan gobag sodor untuk meningkatkan civic skills siswa di SD Negeri 3 Karang Anyar Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling dengan peneliti sebagai instrumen kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: permainan gobag sodor berperan baik dalam meningkatkan civic skills siswa yaitu peningkatan keterampilan intelektual, keterampilan sosial dan keterampilan partisipatif siswa. Permainan gobag sodor membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan dan siswa mendapatkan nilai-nilai yang ada dalam permainan gobag sodor melalui pengalaman langsung. Selain meningkatkan civic skills siswa yang dapat menunjang prestasi belajar dan kehidupan sosial siswa juga dapat membantu melestarikan permainan tradisional yang ada di Indonesia.

Kata kunci : civic skills, gobag sodor, peranan, permainan .


Full Text:

PDF

References


Adnan M. Fachri. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) pada Era Demokratisasi. DEMOKRASI Vol.IV No.1 Th. 2005 halaman 72.

Ariani, Christriyati dkk. 1997. Pembinaan Nilai Budaya Melalui Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Diah Rahmawati dan Rosalia Destarisa. 2016. Aku Pintar Dengan Bermain. Solo : Tiga Serangkai.

Murdiono, Mukhamad. 2012. Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan. Yogyakarta

: Penerbit Ombak.

M. Setiadi, Elly dkk. 2008. Ilmu sosial dan Budaya Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Hamidy, Wartono. 1997. Permainan Tradisional. Semarang: CV Redijaya.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Santosa, Slamet.2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sudono, anggani. 2003. Sumber Belajar dan Alat Permainan (Untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta. PT. Grasindo

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfa Beta.

Taniredja, Tukiran. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Walgito, Bimo. 1999. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar).Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET

Wasis, Andy. 1982. Permainan Anak-anak di Indonesia. Jakarta:Kurnia Esa.

Yus, Anita. 2012. Penilaian Perkembanan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.