PERBEDAAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK IPA IPS DALAM PEMBELAJARAN PPKn
Abstract
The purpose of this research was to explain and analyze the differenceof activity and motivation to study of the students in grades XI IPA and XI IPS in learning PPKn in MAN 1 Bandar Lampung academic year 2015 / 2016. The methodology used in research was descriptive quantitative method. Subjects in this research were students of XI IPA and XI IPS in MAN 1 Bandar Lampung amounting to 88 respondents. Data analysis was using the Mann- Whitney U Test. Data collecting technique was using questionnairre. The research results based on the analysis of data and hypothesis testing that has been done suggested that: there is a differences of activity and motivation to study of the students in grades XI IPA and XI IPSin learning PPKn of the which influencedthe activity of asking, noted , discussion , presence , discipline and atmosphere classes later will be affected the students study results.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis perbedaan aktivitas dan motivasi belajar peserta didik di kelas XI IPA dan XI IPS dalam pembelajaran PPKn di MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subyek yang diteliti merupakan peserta didik kelas XI IPA dan XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung yang berjumlah 88 orang responden. Analisis data menggunakan Uji Mann- Whitney U. Teknik pokok pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukan bahwa: adanya perbedaan aktivitas dan motivasi belajar peserta didik di kelas XI IPA dan XI IPS dalam pembelajaran PPKn yang berpengaruh dari aktivitas bertanya, mencatat, diskusi, kehadiran, kedisiplinan dan suasana kelas yang nanti nya akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : aktivitas belajar, IPA, IPS, motivasi belajar, PPKn.
Full Text:
PDFReferences
Erwin, Muhaammad. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia (Edisi Revisi). Bandung : PT REFIKA ADITAMA
Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Santrok. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman, A.M 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Sardiman, 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syafari, Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.