PENGARUH DISIPLIN MENGAJAR GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh disiplin mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa di SMA Tri Sukses Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif, populasi penelitian yaitu siswa SMA Tri Sukses Natar Kabupaten Lampung Selatan kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 150 siswa, sampel penelitian sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan teknik chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang terjadi antara disiplin mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa di SMA Tri Sukses Natar Kabupaten Lampung Selatan berada pada taraf signifikan sedang. Hal ini mengisyaratkan bahwa disiplin mengajar guru mampu menimbulkan aktivitas belajar siswa yang lebih baik.
Kata kunci: aktivitas belajar siswa, disiplin mengajar guru, kehadiran guru.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi. 2008. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Balajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slamet, A. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.