PENGARUH DISIPLIN MENGAJAR GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Nur Khasanah, Holilulloh Holilulloh, Yunisca Nurmalisa

Abstract


This research aimed to explain and analyze the influence of teachers teaching discipline toward the students learning activity in Senior High School of Tri Sukses Natar South Lampung Regency. This research was a quantitative research. This research used descriptive method. The population of this research was the students of SMA Tri Sukses Natar, South Lampung Regency at the XI grade in the academic year of 2015/2016 which were about 150 students, the sample of this research were about 30 respondents. The technique used to gather the data were questionnaire and data analysis was using chi quadrate technique. The result showed that there was a medium significant influence that happened between the teachers teaching discipline toward the students learning activity in Senior High School of Tri Sukses Natar South Lampung Regency, based on the result of the research, it can concluded that the teachers teaching discipline causes the good effect to the students learning activity.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh disiplin mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa di SMA Tri Sukses Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif, populasi penelitian yaitu siswa SMA Tri Sukses Natar Kabupaten Lampung Selatan kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 150 siswa, sampel penelitian sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan teknik chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang terjadi antara disiplin mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa di SMA Tri Sukses Natar Kabupaten Lampung Selatan berada pada taraf signifikan sedang. Hal ini mengisyaratkan bahwa disiplin mengajar guru mampu menimbulkan aktivitas belajar siswa yang lebih baik.

Kata kunci: aktivitas belajar siswa, disiplin mengajar guru, kehadiran guru.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi. 2008. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Balajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slamet, A. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL KULTUR DEMOKRASI

Diterbitkan oleh:

 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1, Bandar Lampung
Homepage: http://pkn.fkip.unila.ac.id
E-mail: jkd.ppkn@fkip.unila.ac.id