Upaya Meningkatkan Kompetensi Kesadaran Sosial dan Hasil Belajar Biologi melalui PBL-CASEL

Anis Masdar Madani, Ria Puspita Sari, Dina Maulina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi kesadaran sosial dan hasil belajar melalui Problem Based Learning (PBL) terintegrasi dengan kerangka Collaborative for the Advancement of Social and Emotional Learning (CASEL). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Metro Fase E.3 pada mata pelajaran Biologi materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan terdiri dari tiga siklus. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dijadikan sebagai bahan acuan prasiklus. Indikator keberhasilan dilihat dari peningkatan rata-rata nilai kompetensi kesadaran sosial dan hasil belajar. Hasil penelitian menyatakan bahwa terjadi peningkatan kompetensi kesadaran sosial peserta didik menjadi baik dan hasil belajar yang cukup. Dapat disimpulkan bahwa PBL-CASEL memberikan dampak pada peningkatan kesadaran sosial dan hasil belajar Biologi peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Alfath, K. (2019). Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 1–28. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.105

Altrichter, H., Kemmis, S., McTaggart, R., & Zuber‐Skerritt, O. (2002). The concept of action research. The Learning Organization, 9(3), 125–131. https://doi.org/10.1108/09696470210428840

Andayani, E., Hariani, L. S., & Jauhari, M. (2021). Pembentukan kemandirian melalui pembelajaran kewirausahaan sosial untuk meningkatkan kesadaran sosial dan kesadaran ekonomi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 22–34. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5143

Athiyah, U. (2018). Pengembangan media pembelajaran biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis lectora inspire the development of biology learning media of material. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41–46.

Burney, S. L. (2022). Correlation Between Social-Emotional Competencies and Academic Performance.

Erika, E., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur review: penerapan sintaks model pembelajaran problem solving pada kurikulum 2013. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 147–153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1101

Jaya, I. (2010). Statistik Penelitian Untuk Pendidikan.

Juliani, R., Utari, S., & Saepuzaman, D. (2017). Rekonstruksi rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) melalui analisis kesulitan literasi sains peserta didik sekolah menengah pertama pada topik listrik dinamis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1). https://doi.org/10.26740/jppms.v1n1.p%25p

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13–18. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415

Pattiwael, A. S. (2019). Literature for Developing Student’s Humanity Awareness. Journal International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE), 1(1), 79–88. https://doi.org/10.21009/ISLLAE.01115

Ross, K. M., & Tolan, P. (2018). Social and emotional learning in adolescence: Testing the CASEL model in a normative sample. The Journal of Early Adolescence, 38(8), 1170–1199. https://doi.org/10.1177/0272431617725198

Sheldon, K. M. (1996). The social awareness inventory: Development and applications. Personality and Social Psychology Bulletin, 22(6), 620–634. https://doi.org/10.1177/0146167296226007

Sumitro, S., & Yuliadi, I. (2019). Peran Pendidikan dalam Membangun Kesadaran Sosial Masyarakat Bima. Jurnal Pendidikan IPS, 9(2), 149–154. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.230

Van Huynh, S., Giang, V. T., Nguyen, T. T., & Tran, L. (2019). Correlations between Components of Social Emotional Learning of Secondary School Students in Ho Chi Minh City, Vietnam. European Journal of Contemporary Education, 8(4), 790–800.

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4427

Yuliandri, B. S., & Wijaya, H. E. (2021). Social Emotional Learning (SEL) to Reduce Student Academic Stress during the COVID-19 Pandemic. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1). https://doi.org/10.21070/iiucp.v1i1.601

Zubaidah, S., & UM, J. (2017). Pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Dengan Tema Inovasi Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Di Universitas Muhammadiyah Makasar, Makasar, 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v6i1.27892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.