Upaya Meningkatkan Kompetensi Kesadaran Sosial dan Hasil Belajar Biologi melalui PBL-CASEL
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alfath, K. (2019). Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 1–28. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.105
Altrichter, H., Kemmis, S., McTaggart, R., & Zuber‐Skerritt, O. (2002). The concept of action research. The Learning Organization, 9(3), 125–131. https://doi.org/10.1108/09696470210428840
Andayani, E., Hariani, L. S., & Jauhari, M. (2021). Pembentukan kemandirian melalui pembelajaran kewirausahaan sosial untuk meningkatkan kesadaran sosial dan kesadaran ekonomi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 22–34. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5143
Athiyah, U. (2018). Pengembangan media pembelajaran biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis lectora inspire the development of biology learning media of material. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41–46.
Burney, S. L. (2022). Correlation Between Social-Emotional Competencies and Academic Performance.
Erika, E., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur review: penerapan sintaks model pembelajaran problem solving pada kurikulum 2013. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 147–153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1101
Jaya, I. (2010). Statistik Penelitian Untuk Pendidikan.
Juliani, R., Utari, S., & Saepuzaman, D. (2017). Rekonstruksi rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) melalui analisis kesulitan literasi sains peserta didik sekolah menengah pertama pada topik listrik dinamis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1). https://doi.org/10.26740/jppms.v1n1.p%25p
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13–18. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415
Pattiwael, A. S. (2019). Literature for Developing Student’s Humanity Awareness. Journal International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE), 1(1), 79–88. https://doi.org/10.21009/ISLLAE.01115
Ross, K. M., & Tolan, P. (2018). Social and emotional learning in adolescence: Testing the CASEL model in a normative sample. The Journal of Early Adolescence, 38(8), 1170–1199. https://doi.org/10.1177/0272431617725198
Sheldon, K. M. (1996). The social awareness inventory: Development and applications. Personality and Social Psychology Bulletin, 22(6), 620–634. https://doi.org/10.1177/0146167296226007
Sumitro, S., & Yuliadi, I. (2019). Peran Pendidikan dalam Membangun Kesadaran Sosial Masyarakat Bima. Jurnal Pendidikan IPS, 9(2), 149–154. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.230
Van Huynh, S., Giang, V. T., Nguyen, T. T., & Tran, L. (2019). Correlations between Components of Social Emotional Learning of Secondary School Students in Ho Chi Minh City, Vietnam. European Journal of Contemporary Education, 8(4), 790–800.
Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4427
Yuliandri, B. S., & Wijaya, H. E. (2021). Social Emotional Learning (SEL) to Reduce Student Academic Stress during the COVID-19 Pandemic. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1). https://doi.org/10.21070/iiucp.v1i1.601
Zubaidah, S., & UM, J. (2017). Pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Dengan Tema Inovasi Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Di Universitas Muhammadiyah Makasar, Makasar, 6.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v6i1.27892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.