PERBANDINGAN PEMAHAMAN SISWA ANTARA METODE SCAFFOLDING DAN RESITASI MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL

Ocni Alfiah, I Komang Winatha, Nurdin Nurdin

Abstract


The aim of this research was to determine the differences of students comprehension of the economic study between scaffolding method and recitation method based on initial ability of students on economic accounting subjects. The reseacrh method used was a quasi experimental methods. The study population were 151 students with a sample were 58 student. The results showed (1) There was a difference on students comprehension whose learning used the method of scaffolding and recitation method, (2) There was a difference on students comprehension who have high initial capability and low initial capability, (3) Students comprehension learning by using scaffolding method was higher than use recitation method in the students who have the high initial capability, (4) Students comprehension learning using scaffolding method was lower than use recitation method in the students who have the low initial capability, (5) There was an interaction between methods of learning with the initial ability of the students comprehension.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa antara yang menggunakan metode scaffolding dan resitasi dengan memperhatikan kemampuan awal pada mata pelajaran ekonomi akuntansi. Populasi penelitian ini berjumlah 151 dengan sampel sebanyak 58 siswa. Hasil analisis (1)Terdapat perbedaan pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan metode scaffolding dan metode resitasi, (2) Terdapat perbedaan pemahaman siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah, (3) Pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan metode scaffolding lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode resitasi bagi siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, (4) Pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan metode scaffolding lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode resitasi bagi siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, (5) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap pemahaman siswa.

Kata kunci: pemahaman siswa, kemampuan awal, scaffolding,resitasi.


| Abstract views: 344 | PDF views: 138

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Basrowi dan Akhmad Kasinu. 2007. Metodologi Penelitian Sosial Konsep, Prosedur dan Aplikasi. Jakarta: Jenggala Pustaka Utama.

Budiningsih, Asri C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto.2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widia.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Rismawati. 2012. Stidi Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Melalui Praktik Bukti Transaksi dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012. Bandar Lampung. Universitas Lampung

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemantri, M. Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terbaru Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2006. Orentasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, H. Martinis. 2011. Paradigma baru dalam Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.