PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, LINGKUNGAN BELAJAR, PEMANFAATAN SARANA TERHADAP HASIL BELAJAR

Pemi Zurriyatina, I Komang Winatha, Nurdin Nurdin

Abstract


This study aims to determine the effect of parents affection, environment’s study and the utilization of facility in school on learning outcomes IPS Terpadu. The population are 40 students. The method in this research is descriptive verification with ex post facto and surveys approach. The first second and third hypothesis testing using simple linear regression. The fourth hypothesis using multiple linear regression. Based on the analysis of the data obtained the results: (1)there is the effect of the parents affection on learning outcomes  IPS Terpadu, (2)there is the effect of the environment’s study in school on learning outcomes IPS Terpadu, (3)there is the effect of the the utilization of facility in school on learning outcomes on learning outcomes IPS Terpadu, (4)there is the effect of the parents affection, environment’s study and the utilization of facility in school on learning outcomes IPS Terpadu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua lingkungan belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Populasi penelitian berjumlah 40 siswa. Metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengujian hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis keempat menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1)ada pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2)ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3)ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (4)ada pengaruh perhatian orang tua, lingkungan belajar di sekolah, dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu.

Kata kunci: lingkungan, perhatian orang tua, sarana


| Abstract views: 843 | PDF views: 365

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1998. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Iwana, Mutiara. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013.Universitas Lampung.

Nugraha, Gika. 2012. Pengaruh Disiplin Belajar, Aktivitas Belajar dan Perhatian Orang tua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Lampung.

Rahayu, Fajaria. 2012. Pengaruh Motivasi Berpestasi dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas 1K Madrasah Aliyah Diniyyah Putri Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Unila.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.