PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL TALKING CHIPS, NHT, DAN SNOWBALL THROWING

Mutiara Annisa Tanzil, Nurdin Nurdin, Yon Rizal

Abstract


This quasi experimental research aims to know the difference of learning strategy. Population in this research was ten grade students in SMK Muhammadiyah 3 Metro, Lampung in academic year 2013/2014  consist of three classes. The sample were X F, X P3, and  X P1 class choosen by using cluster random sampling technique. B­ased on the analysis of data obtained, the following research finding: there are differences of student’s evaluation value using TC, NHT, and ST, the student’s evaluation value by TC type higher than the NHT, the student’s evaluation value by TC type higher than the ST, the student’s evaluation value by NHT type higher than the ST.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan  untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro, Lampung Tahun Pelajaran 2013-2014 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X F, X P3, dan X P1 yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan sebagai berikut: diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran TC, NHT, dan ST. hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TC lebih tinggi dibandingkan tipe NHT, hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran TC lebih tinggi dibandingkan model ST, hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan model ST.

 

Kata kunci: hasil belajar, NHT, ST, TC


Full Text:

PDF

References


Abidin, Wahyu Zatnika. 2013. Perbedaan Hasil Belajar IPS Terpadu Antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Toghether (NHT) Dan Snowball Throwing (ST) Dengan Memperhatikan Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Yp 17 Baradatu Waykanan Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Lampung

Ali & Asrori. 2010. Psikologi Remaja Pengembangan Peserta Didik. Edisi 6. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Gunawan, Imam. 2008. Revisi Ranah Kognitif. Imamgundananggraini www.ikippgrimadiun.ac.id/ejournal/taskonomi-bloom.html diakses 12 Oktober 2013

Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kagan, Spencer. 1992. Cooperative Learning. CA: San Juan Capistrano

Lie, Anita. 2002. Mempraktikan Kooperative Learning di Kelas-kelas. Jakarta:Grafindo

Rosyidah, Azizatur. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi (Sarjana). Universitas Negeri Malang

Sipranata ,Setya. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perbaikan Motor Otomotif Kelas XI Teknologi Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Supridjono, Agus. 2010. Cooperative Learning- Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jakarta: Pustaka Pelajar

Werdiningtyas, Tatas. 2012. Penerapan metode ceramah bervariasi dengan model pembelajaran talking chips untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang. 2012, S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.