PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN JIGSAW DENGAN MEMPERHATIKAN AQ TERHADAP HASIL BELAJAR

Wahyu Listiana, Edy Purnomo, Tedi Rusman

Abstract


This study was conducted to compare the effectiveness of the learning scaffolding and jigsaw models, and to investigate the role of intelligence adversity of tenth grade students of SMA Negeri 1 Sumberejo in determining achievement.The method used in this study is an experimental method to comparative approach.The problem in this study is whether there is a difference between learning models scaffolding and jigsaw with AQ regarding to the results of the economic study.Based on the analysis of the research results it obtained,(1)there is a difference between scaffolding achievement and jigsaw learning model,(2)scaffolding learning model is higher than jigsaw viewed from a high AQ,(3)learning in scaffolding model higher than jigsaw model seen from the low AQ,(4)there is interaction between the model of learning with AQ on students achievement.

Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan keefektivitasan antaramodel pembelajaran scaffolding dan jigsaw,serta untuk mengetahui peran kecerdasan adversitas yang dimiliki siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberejo dalam menentukan hasil belajarnya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan antara model pembelajaran scaffolding dan jigsawdengan memperhatikan AQ terhadap hasil belajar ekonomi.Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian,(1)ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran scaffolding dan jigsaw,(2)model pembelajaran scaffolding lebih tinggi daripada jigsaw dilihat dari AQ tinggi,(3)model pembelajaran scaffolding lebih tinggi daripada jigsaw dilihat dari AQ rendah,(4)ada interaksi antara model pembelajaran dengan AQ terhadap hasil belajar siswa.


Kata kunci: AQ,hasil,jigsaw,model,scaffolding.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Kasinu. 2007. Metodologi Penelitian Sosial. Kediri: Jenggala Pustaka Utama

Hamalik, Oemar.2008.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman, Tedi.2013. Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS Edisi Revisi. Bandar Lampung

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Stoltz, Paul G.2007.Adversity Quotient. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana

Stoltz, Paul G.2010.Adversity Quotient. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.