PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN JIGSAW DENGAN MEMPERHATIKAN AQ TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
This study was conducted to compare the effectiveness of the learning scaffolding and jigsaw models, and to investigate the role of intelligence adversity of tenth grade students of SMA Negeri 1 Sumberejo in determining achievement.The method used in this study is an experimental method to comparative approach.The problem in this study is whether there is a difference between learning models scaffolding and jigsaw with AQ regarding to the results of the economic study.Based on the analysis of the research results it obtained,(1)there is a difference between scaffolding achievement and jigsaw learning model,(2)scaffolding learning model is higher than jigsaw viewed from a high AQ,(3)learning in scaffolding model higher than jigsaw model seen from the low AQ,(4)there is interaction between the model of learning with AQ on students achievement.
Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan keefektivitasan antaramodel pembelajaran scaffolding dan jigsaw,serta untuk mengetahui peran kecerdasan adversitas yang dimiliki siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberejo dalam menentukan hasil belajarnya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan antara model pembelajaran scaffolding dan jigsawdengan memperhatikan AQ terhadap hasil belajar ekonomi.Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian,(1)ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran scaffolding dan jigsaw,(2)model pembelajaran scaffolding lebih tinggi daripada jigsaw dilihat dari AQ tinggi,(3)model pembelajaran scaffolding lebih tinggi daripada jigsaw dilihat dari AQ rendah,(4)ada interaksi antara model pembelajaran dengan AQ terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: AQ,hasil,jigsaw,model,scaffolding.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Kasinu. 2007. Metodologi Penelitian Sosial. Kediri: Jenggala Pustaka Utama
Hamalik, Oemar.2008.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Rusman, Tedi.2013. Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS Edisi Revisi. Bandar Lampung
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Stoltz, Paul G.2007.Adversity Quotient. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
Stoltz, Paul G.2010.Adversity Quotient. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4201
Refbacks
- There are currently no refbacks.