Implementasi Manajemen Konflik dalam Penyelesaian Permasalahan Di Desa Labuhan Mulya, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji

Anita Lisdiana, Lusi Anggraini

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui fenomena atau peristiwa konflik serta peran manajemen konflik dalam menyelesaikan permasalahan yang pernah terjadi di Desa Labuhan Mulya, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha menggambarkan sekaligus menjelaskan konflik yang terjadi di daerah penelitian. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan cara wawancara secara langsung kepada pihak yang mengalami konflik. Untuk mendapatkan data-data yang aktual maka peneliti juga menggunakan dokumentasi sebagai referensi dalam penelitian ini. Dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) konflik yang terjadi di Desa Labuhan Mulya, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji, dikarenakan adanya perbedaan pemikiran, kepentingan, serta perbedaan latar belakang kebudayaan yang sangat memicu timbulnya konflik. (2) dalam pertikaian ini manajemen konflik memiliki peran yang sangat besar, karena dengan adanya manajemen konflik pertikaian yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik.

Kata kunci: Manajemen Konflik, Permasalahan, Desa Labuhan Mulya

| Abstract views: 200 | PDF views: 49

Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat : CV Jejak. 2018.

Dimyati, Johni. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta : Kencana Prenada Media Grup. 2013.

G. Richard Mayopu. Jurnalisme Antar Budaya Sebagai Jalan Menuju Toleransi Berbangsa dan Bernegara. Jurnal Humaniora Yayasan Bina Darma. Vol. 2, No. 3. 2015.

Luthfia, Hani Azhari, dkk. Analisis Pengaruh Konflik Terhadap Lingkungan Kerja : Studi Kasus Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara. Vol. 5, Oktober 2013.

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. Sosiologi Untuk SMA dan MA Kelas XI. Erlangga : PT Gelora Aksara Pratama. 2001.

Mospawi, Mohamad. Manajemen Konflik (Upaya Penyelesaian Konflik dalam Organisasi). Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora. Vol. 16, No. 2, 2014.

Nur, H. Zazin. Kepemimpinan dan Manajemen Konflik. Yogyakarta : Absolute Media. 2010.

Rosaliza, Mita. Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya. Vol. 11 No. 2. 2015.

Soebardhy. dkk. Kapita Selekta Metodologi PenelitianI. Jawa Timur : CV Penerbit Qiara Media. 2020.

Suhardono, Wisnu. Konflik dan Resolusi. Jurnal Sosial dan Budaya syar’i. Vol. 2 No. 1. Juni 2015.

Taufik, Dian Ramadhan. dkk., Resolusi Konflik Antara Masyarakat Lokal dengan Perusahaan Pertambangan (Studi Kasus: Kecamatan Naga Juang Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara). Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol. 12 No. 2. 2014.

Tri, Yani Wijayanti, dkk, Manajemen Konflik Organisasi dalam Persepektif Islam. Vol. 8, No. 1. April 2015.

Wahidmurni. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim. 2017.

Wiwik, Dwi Subiarti. Peran Mediator dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah Di Pengadilan Agama Sleman. Vol. 2, No. 2. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F22527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.