PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN EXAMPLE NON-EXAMPLE DAN PBL DENGAN MEMPERHATIKAN AQ

Dewi Puasari, Nurdin Nurdin, Tedi Rusman

Abstract


This study discusses learning using economic models Example Non-Example and Problem Based Learning by considering the Adversity Quotient at elevent grade social student at  SMA Negeri 1 Sukoharjo Academic Year 2018/2019. The method used is an experiment research method using comparatives. The results showed there was no significant differences  in learning outcomes using Problem Based Learning with Example Non-Example; learning outcomes using Problem Based Learning were lower than using Example Non-Example for students with high Adversity Quotient; learning outcomes using Problem Based Learning were higher than using Example Non-Example for students with low Adversity Quotient; and there is no interaction between learning models with Adversity Quotient on learning outcomes.

 

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi menggunakan model Example Non-Example dan Problem Based Learning dengan mempertimbangkan Adversity Quotient pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar yang menggunakan Problem Based Learning dengan Example Non-Example; hasil belajar menggunakan Problem Based Learning lebih rendah dibandingkan menggunakan Example Non-Example pada siswa dengan Adversity Quotient tinggi; hasil belajar menggunakan Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan menggunakan Example Non-Example pada siswa dengan Adversity Quotient rendah; dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan Adversity Quotient terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci: adversity quotient, example non-example, hasil belajar, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Johnson, Elaine B. 2014. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Kaifa.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Stoltz, Paul. G. 2000. Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Susanti, R. 2014. Pembelajaran Model Examples Non Examples berbantuan Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Semarang: Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNNES Semarang.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yamin, Martinis. 2013. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.