PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN EXAMPLE NON-EXAMPLE DAN PBL DENGAN MEMPERHATIKAN AQ

Dewi Puasari, Nurdin Nurdin, Tedi Rusman

Abstract


This study discusses learning using economic models Example Non-Example and Problem Based Learning by considering the Adversity Quotient at elevent grade social student at  SMA Negeri 1 Sukoharjo Academic Year 2018/2019. The method used is an experiment research method using comparatives. The results showed there was no significant differences  in learning outcomes using Problem Based Learning with Example Non-Example; learning outcomes using Problem Based Learning were lower than using Example Non-Example for students with high Adversity Quotient; learning outcomes using Problem Based Learning were higher than using Example Non-Example for students with low Adversity Quotient; and there is no interaction between learning models with Adversity Quotient on learning outcomes.

 

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi menggunakan model Example Non-Example dan Problem Based Learning dengan mempertimbangkan Adversity Quotient pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar yang menggunakan Problem Based Learning dengan Example Non-Example; hasil belajar menggunakan Problem Based Learning lebih rendah dibandingkan menggunakan Example Non-Example pada siswa dengan Adversity Quotient tinggi; hasil belajar menggunakan Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan menggunakan Example Non-Example pada siswa dengan Adversity Quotient rendah; dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan Adversity Quotient terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci: adversity quotient, example non-example, hasil belajar, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Johnson, Elaine B. 2014. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Kaifa.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Stoltz, Paul. G. 2000. Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Susanti, R. 2014. Pembelajaran Model Examples Non Examples berbantuan Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Semarang: Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNNES Semarang.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yamin, Martinis. 2013. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.




DOI: https://doi.org/10.23960/20225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs toto

slot88

slot raffi ahmad

manggatoto

manggatoto

artistoto

manggatoto

manggatoto

manggatoto

indo6d

manggatoto

manggatoto

gacormen

gacormen

gacormen

gacormen

gacormen

mancingduit

depobos

depobos

depobos

depobos

yowestogel

depobos

depobos

depobos

mancingduit