PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN TPS DAN GI MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaranTPS dan GI dengan memperhatikan motivasi belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MA Daarul Ma’arif Natar semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan uji T-test dua sampel independen Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi dengan model pembelajaran TPS dan GI. Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran GI pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggidan GI lebih tinggi dibandingkan TPS pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi.
Kata Kunci :Ekonomi, group investigation, hasil Belajar, numbe, dan think pair and share.
References
A.M, Sadirman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2010. ProsedurPenelitian Suatu Pendakatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Asswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2013. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isi-isu metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Priyanto. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andu Offest.
Rusmiati.2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AlFattah Sumbermulyo. Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol. 1, No. 1 Februari 2017, ISSN: 2549-1377.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan(456 hlmn).Bandung:Alfa Beta
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan(456 hlmn).Bandung: Alfa Beta
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan(456 hlmn).Bandung: Alfa Beta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi.2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanah, Sa’idi AminSugiarto. 2008. Implementasi Model Struktur Intelek dengan Pengajuan Masalah pada Materi Segi Empat. Dalam Wahana, Vol 4, No 2, hal 51
Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F19406
Refbacks
- There are currently no refbacks.