Pengaruh Kesenangan Konsumen, Promosi Penjualan dan Loyalitas Konsumen terhadap Keputusan Pembelian

Della Agusta FS, Yon Rizal, Rahmah Dianti

Abstract


The purpose of this research is to know the influence of customer delight and sales promotion on buying decision through customer loyalty at Fitrinofane Swalayan Kedaton Bandar Lampung. The method used in this research was descriptive verification with ex post facto approach and survey. The population in this study were 494 customers. The samples were 83 customers of Fitrinofane Swalayan Kedaton and sampling technique is non probability sampling with purposive sampling. The collected was processed by path analysis. The result of analysis shows that there is influence of customer delight and sales promotion on buying decision through customer loyalty at Fitrinofane Swalayan Kedaton Bandar Lampung.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesenangan konsumen, dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian melalui loyalitas konsumen pada Fitrinofane Swalayan Kedaton Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 494 konsumen. Sampel yang diperoleh adalah 83 konsumen dan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan purposive sampling.Data yang terkumpul diolah dengan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh kesenangan konsumen, dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian melalui loyalitas konsumen pada Fitrinofane Swalayan Kedaton Bandar Lampung.

 

Kata kunci : kesenangan konsumen, promosi penjualan, loyalitas konsumen dan keputusan pembelian.


| Abstract views: 308 | PDF views: 58

Full Text:

PDF

References


Anderson, J. W., C. Fornell and R. T. Rust. 1997. Consumer Satisfaction, productifity, and profitability: Difference between Goods and Services. Marketing Science, Vol. 14, No. 2, pp.10-19.

Berman, Barry, and Joel R. Evans, 2007. Retail Management, New Jersey: Prentice Hall.

Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Bandung : Alfabeta.

Charles W.Lamb, Joseph F.Hair, Carl Mcdaniel.2001. Pemasaran (Edisi Pertama). Jakarta : Salemba Empat.

Edwar.2015. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Komputer Merek Acer di Cv Era Komputer Palembang. Palembang: Universitas IBA.

Giovani,M.Irvan.2017. Pengaruh Bauran Ritel Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Konsumen Pada Giant Ekspres Kedamaian Bandar Lampung 2016/2017.Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Griffin, Jill. (2005). Customer Loyalty (Menumbuhkan dan mempertahankan Kesetiaan pelanggan). Jakarta: Erlangga.

Hendri, Ma’ruf. 2006, Pemasaran Ritel, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Phillip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kwong, kenneth k, and Oliver H.M. Yau. 2002. The Conceptualization Customer Delight: A Research Framework. Asia Pasific Management Review.

Mascarenhas, a.et al. (2004). Customer Value – Chain Involvement for Co- creating Customer Delight. Journal of Consumer Marketing 21(7): 486-496.

Raharso, Sri. (2005). Pengaruh Customer Delight Terhadap Behavioral-Intentions Battery. Jurnal, Usahawan No. 05 Mei 2005.

Tjiptono, Fandy, 2009. Strategi Pemasaran,Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.