Kepercayaan Masyarakat, Bauran Produk, Lokasi dan Pemasaran Produk Terhadap Minat Menabung
Abstract
The purpose of this research is to know the influence of public trust,product mix and location on interest of saving through product marketing at BMT Dana Mulya Syariah branch of Way Panji Lampung Selatan. The method used in this research was descriptive verification with ex post facto approach and survey. The population in this study were 433 customers. The samples were 65 customers of BMT Dana Mulya Syariah and sampling technique is probability sampling with stratified random sampling. The collected was processed by path analysis. The result of analysis shows that there is influence of public trust,product mix and location on interest of saving through product marketing at BMT Dana Mulya Syariah branch of Way Panji Lampung Selatan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan masyarakat, bauran produk dan lokasi terhadap minat menabung melalui pemasaran produk pada BMT Dana Mulya Syariah Cabang Way Panji Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 433 nasabah. Sampel yang diperoleh adalah 65 nasabah dan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan stratified random sampling. Data yang terkumpul diolah dengan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh kepercayaan mayarakat, bauran produk dan lokasi terhadap minat menabung melalui pemasaran produk pada BMT Dana Mulya Syariah Cabang Way Panji Lampung Selatan.
Kata Kunci : kepercayaan masyarakat, bauran produk, lokasi, minat menabung dan pemasaran produk.
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. 2003. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Akbar, M. M., Parvez N. 2009. Impack of Service Quality, Trust, and Customer Satisfaction on Customer Loyalty. ABAC Journal Diunduh tanggal 20 Desember 2017.
Andri, Soemitra. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.
Fandy, Tjiptono. 2005. Pemasaran Jasa, Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
Fandy, Tjiptono. 2008. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andy offset.
Ismail. 2010. Akuntansi Bank. Jakarta: Kencana.
Issac, S dan W.B., Michael. 1995. Handbook in Research and Evaluation. EdiTS. San Diego
Kamir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler Philip. 2007. Manajemem Pemasaran, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian, Jilid I, Ed 8. Jakarta: FEUI.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Jakarta, PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Makhalul ilmi SM. 2002. Teori dan praktek lembaga mikro keuangan syari’ah. Yogyakarta: Tim UII Press.
Mariyaningsih, Nining. 2004. “Faktor –Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Menabung pada BMT di Salatiga (ditinjau dari Aspek Keuangan dan Aspek Non Keuangan”. ASET. Volume 6, Nomor 2 , Juni 2004 : 195-206.
Morgan, Robert M. dan Shelby D. Hunt. 1994. The Commitment Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing. Vol. 58. No. 3.
Noerdhiani, Krisna Puspita. 2007. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah Untuk Mengikuti Tabungan Pada PT. BPR Eka Dharma Bina Rahayu Magetan (tesis)
Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Zur, A., Leckie, C., & Webster, C. M. 2012. Cognitive and Affective Trust between Australian Exporters and Their Overseas Buyers. Australasian Marketing Journal, 20(1), 73-79. Retrieved Oktober 10, 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15546
Refbacks
- There are currently no refbacks.