Pengaruh Aktivitas, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas Terhadap Hasil Belajar Ekonomi

Dessy Natalia, I Komang Winatha, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of learning activities,emotional intelligence and adversity intelligence on economic learning outcomesin students of class X IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung in academic year of2016/2017. Sampling was using vericative descriptive method with expost factoand survey approach. Population in this research was student of class X IPS andsample was 101 respondents determined by simple random sampling. The datawere collected by using questionnaires. The data were collected throughquestionnaire and processed by SPSS program. The result of data analysisindicated that there is an influence of learning activity, emotional intelligence andthe adversity intelligence have positive and significant effect to economic learningresult at student of class X SMA Negeri 15 Bandar Lampung academic year2016/2017.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar,kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas terhadap hasil belajar ekonomipada siswa kelas X IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan metode deskriptif verifikatifdengan pendekatan expost facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas X IPS dan sampel 101 responden yang ditentukan dengan simplerandom sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan program SPSS. Hasil analisisdata menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas belajar, kecerdasan emosionaldan kecerdasan adversitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasilbelajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun
Ajaran 2016/2017.


Kata kunci: aktivitas belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

A.M, Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bu-mi Aksara. Djojonegoro, Wardiman.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

M. Mulyono, Anton. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung: YRAMA.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar- Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Paul G, Stoltz 2000. Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang). Jakarta: PT Grasindo.

Shapiro. 2003. Mengajarkan Emotional Intellegence Pada Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV Alfabet.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Umi, Narimawati. 2007. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F14118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.