Pengaruh Dimensi SERVQUAL dan Kinerja Pengurus Terhadap Partisipasi Anggota
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi anggota tentang dimensi Servqual yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati, serta kinerja pengurus terhadap partisipasi Anggota di Kopma Unila. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 72 mahasiswa FKIP dan sampel yang digunakan sebanyak 42 mahasiswa FKIP ditentukan melalui simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner. Data yang terkumpul diolah dengan analisis regresi linear dan analisis regresi multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh dimensi Servqual yang terdiri dari variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati, serta kinerja pengurus terhadap partisipasi anggota.
Kata kunci : Dimensi servqual, Kinerja Pengurus, Partisipasi Anggota
Full Text:
PDFReferences
Anoraga, Pandji dan Ninik Widiyanti. 2003. Dinamika Koperasi. Jakarta : Rineka Cipta
Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks
Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochaety, Ety, dkk. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Ropke Jochen. 2003. Ekonomi Koperasi dan Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suhartati Joesron, Tati. 2005. Manajemen Strategik Koperasi I. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian Indonesia.
Iwandah. 2014. Pelayanan Nasabah, http://iwandah.blogspot.com/2010/04/pelayanan-nasabah.html, diakses pada tanggal 3 April
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F12735
Refbacks
- There are currently no refbacks.