PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI UKM MART KOPERASI MAHASISWA

Holilah Holilah, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


This study aimed to determine the influence of retailing mix which included location, merchandise, price, promotion, service, and store atmosphere on customer satisfaction in UKM MART Students Cooperative in University of Lampung. The method used in this research was descriptive verification, ex post facto approach and survey method. The research subjects were the consumer of UKM MART Students Cooperative in University of Lampung. The population in this study amounted to 152 consumers/day. Sampling technique was using Non Probability Sampling using accidental sampling technique. The sample in this study amounted to 110 consumers. The hypotheses analyzed by using simple linear regression and multiple linear regression. The results showed that there was an influence of retailing mix covering the location, merchandise, price, promotion, service, and store atmosphere on customer satisfaction.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran ritel yang meliputi lokasi, barang dagang, harga, promosi, pelayanan, dan suasana toko terhadap kepuasan konsumen di UKM Mart Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan metode survey. Subjek penelitian yaitu konsumen UKM MART Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 152 konsumen/hari. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan accidental sampling. Sampel dalam penenilitan ini berjumlah 110 konsumen. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh bauran ritel yang meliputi lokasi, barang dagang, harga, promosi, pelayanan, dan suasana toko terhadap kepuasan konsumen.

Kata kunci: bauran ritel, kepuasan konsumen, koperasi mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: CV Alfabeta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Martania, Rani. 2010. Pengaruh bauran pemasaran eceran terhadap kepuasan pelanggan Indomaret dan Alfamart. (Skripsi). Universitas Lampung.

Maruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Ridwan, 2005. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sopiah dan Syihabudin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CV Andi.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 2006. Mikro Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F10507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.