PENGARUH MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Megyan Pratama, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The research was aimed to know effect of Problem Posing model toward creative thinking skill and learning activity. Research design was pretest posttest non-equivalen with students of class X1 and X2Senior High School Yadika Bandar Lampung as samples. Creative thinking skills data were obtained from pretest, posttest, N-gain value that was analyzed by t-test and U-test. Learning activity data were analyzed descriptively. Result showed that N-gain average in experiment class was 70.02% was higher than control class 45.39% and different significantly. Average of learning activity consists of expressing opinion, finding out the information to solve the problem, giving the question, working out faster and many students, in experiment class was Highcriteria 77,00%. Therefore, it can be concluded that Problem Posing improved the creative thinking skill and learning activity.

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas belajar. Desain penelitian adalah pretest-postest kelompok tak ekuivalen dengan siswa kelas X1 dan X2 SMA Yadika Bandar Lampung sebagai sampel. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari nilai pretes, postes, N-gain dan dianalisis dengan uji t dan uji U. Data aktivitas belajar dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain eksperimen lebih tinggi 70,02% berbeda siginifikan dengan kontrol 45,39%. Rata-rata aktivitas belajar meliputi mengemukakan pendapat, mencari informasi untuk memecahkan masalah, mengajukan pertanyaan, bekerja lebih cepat dan banyak dari siswa lain, di kelas eksperimen berkriteria tinggi (77,00%). Dengan demikian, disimpulkan bahwa problem posingmeningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan akivitas belajar.

Kata kunci: aktivitas belajar siswa, kemampuan berpikir kreatif, problem posing


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standar dan Kompetensi Dasar Untuk SMA/MA Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Haetami, Aceng dan Maysara. 2007. Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Kimia Dasar I melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dan Problem Posing. (Skripsi). Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Krisdianto, Hizkiawan. 2012. Jurnal Penelitian: Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PLC Melalui Pendekatan Problem Posing pada Siswa SMKN 1 Wonosari. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Munandar, U. 2001. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana.

Purmaningrum. 2012. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif Melalui PBL Pada pembelajaran biologi siswa kelas x-10 SMA negeri 3 surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi FKIP Jurusan P.MIPA Program Studi Pendidikan Biologi. (Online), http: //digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/ skripsi/archiv.dir/doc.pdf. Diakses pada 28 Januari 2015. pukul,13.35 WIB). Semarang: UNS.

Sukarma, Ketut. 2004. Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. Jurnal Kependidikan, Volume 3, No. 1. Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.