Hubungan Self-Efficacy Berdasarkan Gender Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA

Isnaini Safitri, Berti Yolida, Arwin Surbakti

Abstract


This study aims to determine the differences in self-efficacy among genders, and the relationship in self-efficacy based on gender with student learning outcomes. The samples in this study were students grade VII of junior high school at district kedaton which amount of 186 that were selected by purposive sampling. This research was a simple-descriptive. Data collection were collectedby written test method and questionnaire. Data were analyzed using independent sample t-test  and pearson product moment. The result of independent sample t-test showed that the different on self-efficacy between males and females students was not significant. The result of correlation was positive and there was significant relationship between self-efficacy based on gender with learning outcomes of science subjects. Coefficient of Pearson correlation test showed relationship between self efficacy with students learning outcomes with level ofcloseness that was "low".


Keywords: gender, learning outcomes, self-efficacy

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan hubungan self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kecamatan Kedaton yang berjumlah 186 yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dan angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan  menggunakan uji-t sampel independen dan uji pearson product moment. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara self efficacy siswa laki-laki dan siswa perempuan. Hasil uji korelasi pearson  menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan  antara self efficacy dengan hasil belajar IPA. Adapun nilai koefisien yang dihasilkan pada korelasi pearson menunjukkan hubungan antara self efficacy dan hasil belajar  adalah “rendah”.

Kata kunci : gender, hasil belajar, self-efficacy


Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 1997.Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fitriani, W. 2017. Analisis Self Efficacy Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Man 2 Batusangkar Berdasarkan Gender. Agenda. 1(1): 141-158.

Hairida dan Astuti, M. W. 2012. Self efficacy dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 3 (1) : 26-34.

Harahap, D. 2009. Analisis Hubungan Antara Efikasi-Diri Siswa Dengan Hasil Belajar Kimianya. Padang sidimpuan: UMTS.

Ilmi, F. 2014. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Strorytelling untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Mene-ngah Pertama. Dit.Pembinaan SMP–Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemen-dikbud.

Maisaroh dan Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di Smk Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8 (2): 157-172.

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana. Jakarta. xii + 290 hlm.

Nurwidawati, D., dan Handayani, F. 2013. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character. 1 (2): 1-5.

OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education, PISA. (Online) (http://dx.doi.org/ 101787/ 97892 64266490-en, diakses pada 03 Februari 2018 pada 11:20 Wib).

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmasari, A. 2017. Perbedaan Efikasi Diri Matematika Pada Siswa SMA Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Tugas Akhir. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Santrock, J. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Slavin, R. E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Edisi Kedelapan. Jakarta : PT Indeks.

Warsito, H. 2009. Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Penyesuaian Akademik Dan Prestasi Akademik (Studi Pada Mahasiswa Fip Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 9 (1): 29-46.

Yuliningsih, R. 2009. Pengaruh Sikap, Motivasi Belajar dan Gender Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.