Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Struktur dan Fungsi Tumbuhan dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI)

Zahra Mila Putri, Neni Hasnunidah, Berti Yolida

Abstract


Practical guidebookswas one of the supporting implementation of practicum activities. This study aim was to produce practical guidebook of plant structure and function. The research design used was R & D with 4-D model are: define, design, develop, disseminate, but disseminate stage not done. A practical guidebook product made using an attractive cover, Arial letters with size 12, and EYD are good and correct. Each worksheet consists of student identities, practical titles, theoretical basis, objectives, research questions, tools, materials, work steps, argumentation schemes, argument sessions, and reports. Expert and practitioner validation result was categorized "excellent". The results of legibility test categorization was " excellent". The results of the implementation of the entire practice procedure criteria was "almost all activities are done". Thus, it can be concluded that the guiding book of practicum developed was valid and practical.

Buku penuntun praktikum merupakan salah satu penunjang terlaksananya kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku penuntun praktikum struktur dan fungsi tumbuhan yang valid dan praktis. Desain penelitian yang digunakan adalahR&D dengan model 4-D yaitu: define, design, develop, disseminate, tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Produk buku penuntun praktikum yang dibuat menggunakan sampul yang menarik, huruf Arial dengan ukuran 12, dan EYD yang baik dan benar. Setiap lembar kerja praktikum terdiri atas identitas siswa, judul praktikum, dasar teori, tujuan, pertanyaan penelitian, alat, bahan, langkah kerja, skema argumentasi, sesi argumentasi, dan laporan. Hasil validasi ahli dan praktisi berkategori baik sekali. Hasil uji keterbacaan berkategori baik sekali. Hasil uji keterlaksanaan seluruh prosedur praktikum berkriteriahampir seluruh kegiatan terlaksana. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku penuntun praktikum yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis.

Kata kunci: Argument Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, struktur dan fungsi tumbuhan


Full Text:

PDF

References


Agustina, P. 2015. Persepsi Mahasiswa Calon Guru BiologiTentang Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Menengah: Studi Pengembangan Pembelajaran pada Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Bioedukatika. 3 (2): 26-29. (Online), (http://journal.uad. ac.id/index.php/BIOEDUKATIKA/ article/view/4151/2281,diakses 15 Januari 2017).

Andriani, Y. dan Riandi. 2015. Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Kelas VII. Jurnal Edusains. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. 7 (2): 114-120. (Online), (http://journal.uinjkt. ac. id/index.php/edusains, diakses 6 Februari 2017).

Arsika, R. & Ramadhan, M. F. 2015. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Lembar 2014/2015. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. 1 (1): 10-18. (Online), (https://www. google. com/journal.co.id, diakses 23 Desember 2017).

Hasnunidah, N. 2013. Pembelajaran Biologi dengan Strategi Argument-Driven Inquiry dan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik. Journal Universitas Negeri Malang. 5 (1): 1-29. (Online), (https:// www. academia.edu/150912/pembelajaran_biologi_ dengan_strategi_argument-driven_inquiry_ dan_keterampilan_ argumentasi _ peserta_didik?auto=download, diakses 16 Januari 2017).

Hasnunidah, N. 2016. Pengaruh Argument-Driven Inquiry Dengan Scaffolding Terhadap Keterampilan Argumentasi, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pendalaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Lampung. Malang: Universitas Negeri Malang. Disertasi Tidak Diterbitkan.

Hasnunidah, N. 2018. Buku Ajar Struktur dan Perkembangan Tumbuhan. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Tidak Diterbitkan.

Imaniarta, I. Sulistina, O. dan Yahmin. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi dan Kesetim-bangan Kimia. Journal 2 (2): 1-8. (Online), (http://jurnal -online.um. ac.id/data/artikel/artikel2CC9793A7B6A49AE8E3E2329DB7EC1D4.pdf, diakses 23 November 2016).

Meyhandoko, A. 2013. Pengembangan Petunjuk Praktikum Kontekstual dengan Pemanfaatan Kondisi Lingkungan Lokal dalam Pembelajaran Materi Pencemaran di SMA 2 Rembang. Skripsi. Semarang: UNS.

Nengsi, S. 2016. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Inkuiri Terbim-bing Mahasiswa Biologi STKIP Payakumbuh. Jurnal IPTEKS Terapan. Sumatra Barat. Payakumbuh. 10 (1): 47-55. (Online), (https://www. academia. edu/31671603/pengembangan_ penuntun_praktikum_biologi_ umum_berbasis_inkuiri_terbimbing _mahasiswa_biologi_stkip_payakumbuh, diakses 26 Februari 2017).

Nimah, H. I. 2013.Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan SETS untuk Peserta Didik SMA/MA kelas X. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Purnamasari, S. dan Surtikanti, H. 2016. Pengembangan Praktikum IPA Terpadu pada Tema Kesehatan Kulit. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembela-jaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Bandung. 541-544.

Riduwan.2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusyana, Y. 1986. Buku Materi Pokok Keterampilan Menulis. Jakarta. Karunika.

Sampson, V. dan Gleim, L. 2009. Argument-Driven Inquiry To Promote the Understanding of Important Concepts and Pratices in Biology.The American Biology Teacher.71(8). 465-472. (Online), (http://utexas.influent.utsystem.edu, diakses 19 September 2016).

Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M. 1974.Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Blomington: Central For Inovation On Teaching The Hardicapped.

Waluyo, M. 2014. Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.