Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Sistem Ekskresi pada Manusia dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI)

Yesi Yosinta, Neni Hasnunidah, Berti Yolida

Abstract


Laboratory efficacy was supported by a practical guide book. This study aims to describe the validity and practicality of the manual excommunication manual of excretory systems in humans with an Argument Driven Inquiry (ADI) model that has been developed. This development research refers to the 4-D model proposed by Thiagaradjan covering define, design, develop, and disseminate stages. However disseminate was not done. The developed product was made with attractive cover, Baskerville Old Face letter with size 12, and EYD is good and correct. Expert and practitioner validation results showed 84% and 98% ideality scores with "excellent" category. The results of legibility test by learners obtained 96% idealized score with the category "very good". The practicum implementation test result of all experiments was 98% score with the criteria "almost all activities were performed". Thus, it can be concluded that the developed product was valid and practical.

Keefektifan kegiatan laboratorium ditunjang dengan adanya buku penuntun praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas buku penuntun praktikum sistem ekskresi pada manusia dengan model Argument Driven Inquiry (ADI)yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagaradjan meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi,disseminate tidak dilakukan. Produk yang dikembangkan dibuat dengan sampul yang menarik, huruf Baskerville Old Face dengan ukuran 12, serta EYD yang baik dan benar. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan skor keidealan 84% dan 98% dengan kategori baik sekali. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik memperoleh skor keidealan 96% dengan kategori baik sekali. Uji keterlaksanaan praktikum dari semua percobaan menghasilkan skor 98% dengan kriteria hampir seluruh kegiatan terlaksana. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid dan praktis.

Kata kunci: Argument Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, pengembangan, sistem ekskresi pada manusia



Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Demircioglu, T., & Ucar, S., 2012. Investigating The Effect of Argument Driven Inquiry In Laboratory Instruction. Educational Sciences: Theory & Practice. 15 (1): 267-283.

Ginanjar, W. S., Utari. S., & Muslim. 2015. Penerapan Model Argument-Driven Inquiry dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA. 20 (1): 32-37. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Handayani. 2014. Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Smp Kelas VII Semester II. Padang. Universitas Negeri Padang. 1 (3): 69-76.

Hasnunidah, N. 2016. Pengaruh Argumen-Driven Inquiry Dengan Scafolding Terhadap Keterampilan Argumentasi, Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Pemahaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Lampung. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hersandi, M. 2015. Brosur IPA Terpadu Sebagai Bahan Ajar di SMP ditinjau dari Aspek Keterbacaannya. Seminar Nasional Jurusan Fisika FMIPA UM. Jember. Universirtas jember. 1 (9): 139-144.

Junqueira, L. C. & C. Jose. 2011. Histologi Dasar ;Teks dan Atlas . Edisi 12. Jakarta: EGC.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013: SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniasari, I.S. 2017. Penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. 6 (3): 171-174.

Muhajir, A.M. 2015. Pengembangan Penuntun Praktikum Bioteknologi Kelas Xii IPA SMA Negeri 1 Binamu Kab. Jeneponto. Jurnal Biotek. 3 (1): 125-132.

Nimah. H. I. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan SETS Untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Prasetyo, M.M. 2016. Pengembangan Penuntun Praktikum Mikro- biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Biotek. 4 (1): 1-20.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purba, J. F., Muchtar. Z., dan Silaban. R. 2015. Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Sesuai Model Pembelajaran Penemuan Dan Berbasis Proyek. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 21(1): 21-28. Medan: PPs Universitas Negeri Medan.

Sampson V. and Gleim L. 2009. Argument-Driven Inquiry to Promote the Understanding of Important Concepts & Practises in Biology. American Biology Teacher.71(8) : 465-472.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sawitri,S. 2008. Model Pengembangan Buku Petunjuk Praktek Mata Kuliah Draping. Jurnal Penelitian Pendidikan. 24(1): 23-24.

Sugiyono. 2010 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Suharso. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Sundari. 2017. Pengembangan Panduan Praktikum IPA SMP Berbasis Model Collaborative Teamwork Learning. Jurnal Pembelajaran Fisika. Lampung. Universitas Lampung. 5(3): 47-58.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. & Semmel, M. 1974. Intructional Development For Training Teacher Of Exceptional Children. Bloomington: Central For Inovation On Teaching The Handicapped Draping. Jurnal Penelitian Pendidikan. 24 (1): 23-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.