Fenomena Panic Buying Ditinjau dari Pendidikan Ekonomi Keluarga
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan permasalahan ekonomi yang sangat kompleks yang berdampak buruk bagi kestabilan ekonomi dalam rumah tangga. Permasalahan tersebut muncul akibat adanya kebijakan yang menghambat ruang gerak aktivitas ekonomi masyarakat dan munculnya berbagai macam informasi yang tidak pasti sehingga menimbulkan kepanikan ditengah masyarakat. Kepanikan terjadi terutama pada aktivitas pembelian barang kebutuhan dalam jumlah besar akibat adanya disinformasi yang diterima oleh keluarga khususnya ibu rumah tanga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap fenomena panic buying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode statistic SPSS Versi 26. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 orang responden ibu rumah tangga di Kota Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis pengaruhnya secara parsial dengan Uji SPSS Regresi linier Sederhana. Hasil Uji SPSS menunjukan bahwa thitung sebesar 2,040 dan tingkat signifikansi (sig.) 0,047. Sedangkan ttabel dengan dk = n – 2 = 47 – 2 = 45 dan α = 0,05 diperoleh 1,679. Dengan demikian, thitung > ttabel atau 2,040 > 1,679 dan sig. 0,047 < 0,05, maka bisa disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima denan pengaruh secara parsial antar variabel sebesar 0,307 atau 30,7%, sedangkan sisanya 69,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Pendidikan Ekonomi Keluarga, Panic Buying
Full Text:
PDFReferences
Bukhari, E., Prasetyo, E. T., & Rahma, S. U. U. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen, 18(1), 49-56.
Narmaditya, B. S. (2013). Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi dimediasi literasi ekonomi dan gaya hidup pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas negeri malang angkatan 2011. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1).
Rahmawati, I. (2022). Perilaku Panic Buying Pada Masa Pandemi Covid-19. Socio Humanus, 4(1), 18–22. http://ejournal.pamaaksara.org/index.php/sohum
Risnawati, Minarti, S. U., & Wardoyo, C. (2018). Pengaruh PendidikanEkonomiKeluarga, Gaya Hidup, Modernitas Individu,dan Literasi Ekonomiterhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 430–436.
Rohaniah, Y., & Rahmaini, R. (2021). Sosialisasi Manajemen Keuangan Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(01), 45-49.
Safira, S. P., & Yuhertiana, I. (2021, March). Financial Literacy Berdasarkan Budget Planning Dan Consumption Habits Ketika Panic Buying Di Masa Covid-19. In Conference on Economic and Business Innovation (CEBI) (pp. 253-262).
Sari, R. A., & Susanti, A. (2022). Analisis Keputusan Pembelian : Fenomena Masker Dan Vitamin Di Masa Pandemi. JOurnal Of Managemen, 15(1), 71–87.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a CC BY 4.0.
Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145