Pembukuan Administrasi Untuk Meningkatkan Kinerja Anggota Koperasi Wanita Al-Barokah Pesawaran

Erlina Rufaidah, Dewangga Nikmatullah, Maya Riantini, Aryan Danil Mirza. BR

Abstract


Koperasi merupakan suatu lembaga yang banyak ditemukan dimasyarakat. Tulisan ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kinerja anggota koperasi di Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran khususnya di KSU- Wanita Al-Barokah. Peneltian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengurus koperasi terkait dengan pembukuan koperasi, pentingnya pembukuan koperasi dan memberikan pemahaman terkait dengan pembuatan laporan keuangan koperasi. Dalam pelaksanaannya, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, sosialisasi dan keterlibatan mitra. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada anggota koperasi terkait dengan pengetahuan tentang prinsip koperasi, meningkatkan kesadaran anggota koperasi akan pentingnya koperasi dalam kehidupan sehari hari, serta memberikan pengetahuan terkait dengan kewajiban sebagai anggota koperasi. Hasil pengabdian masyarakat terhadap koperasi Al-Barokah ini adalah pengabdian masyarakat telah memberikan pemahaman kepada anggota koperasi tentang pembukuan dan pembuatan laporan keuangan koperasi, pengurus koperasi mampu membuat pembukuan dan laporan keuangan secara mandiri, hasil penilaian anggota koperasi menyatakan bahwa pengurus koperasi memiliki nilai informatif, persuasive, dan intention yang tinggi.


Full Text:

PDF

References


Amran, s. (2021). Filsafat Koperasi dalam Penguatan Hukum Koperasi di Indonesia. Bandung: Ikopin.

Arita, M. (2008). Ekonomi dan Sumber Daya. Jakarta: Pengembngan Depdiknas.

Barat, D. K. (2020). Buku Panduan Pendirian Koperasi. Sumatra Barat: Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatra Barat Bidang Perizinan dan Kelembagaan.

Ganitri, P. S. (2018). Pengaruh Modal Sendiri, Modal PInjaman, dan Volume Usaha terhadap Selisih Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Simpan Pinjam. Bisma : Jurnal Manajemen, 4(20):105-113.

Hendrojogi. (2002). Koperasi : Azas-azas Teori dan Praktek. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Itang. (2016). Pemikiran Ekonomi Koperasi Mohammad Hatta: Relevansinya dengan Ekonomi Islam. Jakarta: Laksita Indonesia.

Lumbantobing, J. P. (2002). Ekonomi Koperasi. Medan: Unibersitas HKBP Nommansen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145