Strategi Pengembangan Usaha Jamur Tiram Melalui Analisis SWOT di Desa Dolok Kataran Kecamatan Dolok Batu Nanggar

Lilis Krisdayanti, Liharman Saragih, Fariaman Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha jamur tiram di desa Dolok Kataran Kecamatan Dolok Batu Nanggar berdasarkan analisis SWOT. Penulis telah melakukan penelitian pada usaha jamur tiram di desa Dolok Kataran Kecamatan Dolok Batu Nanggar, waktu penelitian pada bulan Maret-Mei 2022. Dengan menggunakan metode deskriptif, data yang digunakan adalah kualitatif, desain penelitian menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampelnya yaitu pemilik usaha, karyawan dan konsumen, jumlah sampel 11 orang. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT, IFAS dan EFAS. Hasil penelitian pada Usaha jamur tiram di desa Dolok Kataran memiliki nilai kekuatan  internal sebesar 3,18 sedangkan  kelemahan sebesar 0,555 dengan sumbu x sebesar 2,625. Sedangkan faktor eksternal  peluang memiliki skor 2,36 dan ancaman 1,25 dengan nilai pada sumbu y 1,11, maka posisi strategi berada pada kuadran I yaitu mendukung strategi pertumbuhan agresif (strategi S-O). Strategi S-O yang dihasilkan yaitu memproduksi produk yang melebihi target produksi untuk memenuhi permintaan pasar, dan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menjalin kerjasama dengan pemasok.

Kata Kunci : Strategi, Analisis SWOT, Pengembangan usaha jamur tiram


Full Text:

PDF

References


Acmad, Mugiono, Tias Arlianti. Chotimatul Azmi. (2012). Panduan Lengkap jamur (p. 61). p. 61.

BPS. (2021). STATISTIK INDONESIA: STATISTICAL YEARBOOK OF INDONESIA 2022. Statistik Indonesia 2020.

David. (2017). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing Konsep Edisi 15. Jakarta: Salemba Empat Jakarta Selatan.

Hendro. (2011). Dasar - Dasar Kewirausahaan Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis (Rikard Rahmat, Ed.). Erlangga.

Irham, Fahmi. (2014). Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi (Kedua; Yunus Mukhlis, Ed.). Alfabeta, cv.

Karyoto. (2021). Proses Pengembangan Usaha.

Manullang. (2014). Manajemen Strategi Cetakan Kedua (Kedua). Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Manullang, M. (2017). Manajemen Strategi (Kedua). Medan: Perdana Publishing.

Oktavia, Feby. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada Usaha Keripik Irfan Jaya Di Desa Randuagung Lumajang. Jurnal Analitika Bisnis Ekonomi, Sosial Dan Politik, vol 1 no 1.

Rangkuti. (2017). Analis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (edisi 25). Alfabeta, cv.

Suharsimi, Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Jakarta.

Suhelpi, Liharman saragih. (2019). Analisa pemasaran bank sampah dengan pendekatan analisis SWOT studi kasus pada bank sampah dinas lingkungan hidup kota Pematangsiantar. 15(2), 9–25.

Suryana. (2017). Kewirausahaan Kiat Dan Proses Menuju Sukses Edisi 4 (empat). Jakarta Selatan: Salemba Empat Jakarta Selatan.

UUD 2008.pdf. (n.d.).

Widayati, Enny. (2019). Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, vol 6 no 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145