Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD

Yufita Sari, Rini Asnawati, Ryzal Perdana

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen.  Desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 149 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDN Dwikora dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa dengan jumlah sampel 50 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematika, Problem Based Learning

 


Full Text:

PDF

References


Aikmel Z. M & I. W. Lasmawan, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampu-an Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 3(4).

Astuti, W. P., & Indarini, E. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN. 2, 159–166.

Betta, R., Perdana, R., Rudibyani, R. B., Perdana, R., Universitas, P., & Maret, S. (n.d.). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBM ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir lancar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks. 6(1), 60–70.

Elizabeth, A., Sigahitong, M., Fisika, P. P., Nipa, U. N., & No, J. K. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. 6, 67–76.

Gündüz, A. Y. (2016). Design of a Problem-Based Online Learning Environment and Evaluation of its Effectiveness. 15(3), 49–57.

Hagi, N. A. & M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Revika Aditama.

Mahmudi, A. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. STIE YKPN.

Margono. (2010). Metodologi Pendidikan Penelitian. Rineka Cipta.

Mudlofir, Ali & Rusydiyah, E. F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Munandar, U. (2012). Mengembangkan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Novalia, H. (2015). Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding SNMPM.

OECD. (2018). PISA Result in Focus. PISA-OECD Publishing.

Okayana, K. (2016). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat tahun pelajaran 2015/2016. August.

Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali.

Sendag, S., & Odabasi, H. F. (2009). Effects of an online problem based learning course on content knowledge acquisition and critical thinking skills. 132–141.

Strobel, J., & Barneveld, A. Van. (2009). When is PBL more effective ? A meta-synthesis of meta-analyses comparing PBL to conventional classrooms. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(3), 44–58.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada 1996.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Ugur, Sari & Misra, Alici & Sen, O. F. (2018). The Effect of STEM Instruction on Attitude, Career Perseption and Career Interest in a Problem-Based Learning Environment and Student Opinions. Electronic Journal of Science Education, 22(1).

Ulger, K. (2018). The Effect of Problem-Based Learning on the Creative Thinking and Critical Thinking Disposition of Students in Visual Arts Education The Effect of Problem-Based Learning on the Creative Thinking and Critical. 12(1), 3–6.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47–54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145