Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Akuntansi dan Penggunaan Teknologi Informasi Manajemen Akuntansi Terhadap Akurasi Penetapan Gaji Karyawan di PT Suryajaya Abadi Perkasa

Titin Krisnawati, Mohammad Iskak Elly

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh sistem informasi manajemen akuntansi dan penggunaan teknologi informasi manajemen akuntansi terhadap akurasi penetapan gaji karyawan baik secara simultan maupuan secara parsial. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT Suryajaya Abadi Perkasa di kota Probolinggo, Jawa Timur. Teknik yang digunakan adalah dengan purposing sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 karyawan. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif bersumber dari data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda yang diuji dengan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh sistem informasi manajemen akuntansi dan penggunaan teknologi informasi manajemen akuntansi berpengaruh secara signifikan terhadap akurasi penetapan gaji karyawan.


Full Text:

PDF

References


Amirah Yayang & Muanas. (2018). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akutansi Penggajian dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penggajian. Jurnal JIAKES. Vol 6. No 2.

Bariduan, Zaki. (2003). Sistem Akutansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi 5. Yogayakarta: BPFE.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hery. (2014). Pengendalian Akuntansi dan Manajemen. Jakarta: Kencana.

Kurniawati, Wewen. (2010). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan dan Penggunaan Sistem Teknologi Informasi (Studi Empiris pada Pemerintahan Daerah Sragen). Tesis Fakultas Ekonomi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 4. Yogyakarta: UPP- STIM YKPN.

Kiki & Hery. (2017). Perancang Sistem Informasi Akutansi Pendapatan Pada Arka Graha Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySql. Jurnal Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise. Vol 2. No 2.

Machpudin, S. (2008). Peranan Sistem Akutansi Penggajian dalam Mengefektifkan Sistem Pengendalian Intern Gaji dan Upah pada PT. X. Bandung: Jurnal Computech dan Bisnis. Vol 2 No. 2.

Randy Richi. (2016). Analisa Sistem Informasi Akutansi Gaji dan Upah Pada PT. Bank Sinar Mas Tbk. Manado. Jurnal EMBA. Vol 4. No 2.

Septianis, Rika., Msy. Mikial., Lukita Tripermata. (2017). Analisis Sistem Penggajian dalam Rangka Mengefektifkan Pengendalian Internal pada PT. Freight Express Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini. Vol 8. No 2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarta, I Nyoman dan Pratiwi Dwi Astuti. (2005). Pengujian Terhadap Technology-To-P Erformance Chain: Pendekatan Struktural Equation Modeling. Solo: Simposium Nasional Akutansi VII.

Trijayanti, Desi., Wahyu Pramesti (2019). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian pada CV ABC di Jawa Tengah. Journal of Accounting Science. Vol 3. No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145