Analisis Pengetahuan Investasi, Return dan Risiko Terhadap Minat Berinvestasi Online di Aplikasi Bibit (Studi Kasus Pada Generasi Millenial)

Dwi Nanda Aryanti, Liharman Saragih, Wico Jontarudi Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh investasi, return, dan risiko terhadap minat investasi di Bibit pada generasi millenial. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan investasi, return, dan risiko. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat investasi. Populasi penelitian ini berjumlah 10.000 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan investasi, return , dan risiko masing - masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di Bibit

Kata Kunci : Pengetahuan Investasi, Return, Risiko, Minat Investasi


Full Text:

PDF

References


Aini Maslichah & Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal E-JRA.

Atmanti. (2012). Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan. Jurnal Dinamika Pembangunan Vol. 2 No,1.

Bustami & Nilda. (2021). Pengaruh Ekspektasi, Return, dan Risiko Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Galeri Investasi Syariah IAIN Kerinci. Jurnal Al-Fiddoh Vol.2.

Darmawan & Japar. (2017). Pngaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal dan Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Jurnal Majalah Neraca.

Darmawan & Kurnia. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan Vol.08, No. 2.

Dewi & Adnantara. (2017). Modal Investasi Awal dan Persepsi Risiko dalam Keputusan Berinvestasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Vol.2, No, 2.

Hamdika, M., Saragih, L., & Sinaga, M. H. (2022). Perbandingan Kinerja Cryptocurrency Bitcoin, Saham, dan Emas Sebagai Alternatif Investasi Tahun 2017-2021. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(1), 91-105.

Hidayat & Muktiadji. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Galeri Investasi Perguruan Tinggi. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Vol. 3 No. 2.

Jogiyanto, Hartono. (2020). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Negara & Febrianto. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi dsn Pengetahuan Terhadap Minat Investasi Generasi Millenial di Pasar Modal. Jurnal Business Management Journal.

Nisa & Zulaika. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal PETA Vol.2 No,2.

Fahmi. I (2018). Manajemen Risiko. Bandung. Alfabeta

Situmorang & Natariasari. (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Jom Fekon Vol. 1 N0. 2.

Suhir. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Administrasi Bisnis (JAB).

Tandelilin. (2018). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Tandio & Widanaputra. (2016). Pengaruh pelatihan pasar modal, return, persepsi risiko, gender dan kemajuan teknologi pada minat investasi mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Tarigan, W. J., Sinaga, M. H., Purba, D. S., & Tarigan, V. (2021). Manajemen Treasury Perbankan. Global Aksara Pers

Trenggana & Kuswardhana. (2017). Pengaruh informasi produk, risiko investasi, kepuasaan investor dan minat mahasiswa berinvestasi. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis.

Widioatmodjo, Sawidji. (2015). Pengetahuan Pasar Modal Untuk Konteks Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yusuf, Muhammad. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan terhadap Minat Generasi Millenial dalam berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145