Analisis Pergeseran Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Masa Covid-19

Rahmah Dianti Putri, Rahmawati Rahmawati, Pujiati Pujiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pergeseran perilaku mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Proposal ini menggunakan tehnik Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.  Temuan ini diharapkan dapat memberi kontribusi pemikiran dan pengetahuan khasanah keilmuan ekonomi  yang berkaitan dengan pergeseran perilaku konsumtif mahasiswa khususnya di tengah Pandemi Covid-19.

Kata kunci: Covid 19, mahasiswa, perilaku Konsumtif.


Full Text:

PDF

References


Almas, A. (2019). PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PENGENDALIAN DIRI, TEMAN SEBAYA DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BAE KUDUS. UNNES.

Chrisnawati, D., & Abdullah, S. M. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Remaja Terhadap Pakaian. Jurnal Spirits, 2(1).

Corman, V. M., Landt, O., Kaiser, M., Molenkamp, R., Meijer, A., Chu, D. K. W., Bleicker, T., Brünink, S., Schneider, J., & Schmidt, M. L. (2020). Detection of 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) by real-time RT-PCR. Eurosurveillance, 25(3), 2000045.

Duesenberry, J.S. (1949). Income, Saving and the Theory of Consumer Behavior. Harvard University Press, Cambridge.

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi, 12(1), 1–14.

Hamilton, C., Denniss, R., & Baker, D. G. (2005). Wasteful consumption in Australia. Australia Institute Canberra.

Hanuning, S. (2011). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa.

Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., Zhang, L., Fan, G., & Xu, J. (2019). XiaoyingGu. Zhenshun Cheng, Ting Yu, Jiaan Xia, Yuan Wei, Wenjuan Wu, XueleiXie, Wen Yin, Hui Li, Min Liu, Yan Xiao, Hong Gao, Li Guo, JungangXie, Guangfa Wang, Rongmeng Jiang, Zhancheng Gao, Qi Jin, Jianwei Wang, Bin Cao. Clinical Features of Patients Infected With, 497–506.

Kadeni, N. S. (2018). Pengaruh Media Sosial dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 6(1), 61–70.

Kotler, P., Armstrong, G., Harker, M., & Brennan, R. (1990). Marketing: an introduction (Vol. 1). Prentice-Hall Englewood Cliffs, NJ.

Kementrian Keuangan Republik Indonesia. 2017. Publikasi https://www.kemenkeu.go.id/media/4958/media-keuangan-agustus3.pdf Online. Diakses 28 Feb. 2021

Kumalasari, D., & Soesilo, Y. H. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 61–71. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/index

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

Mukarramah, M., Inanna, I., Hasan, M., Ahmad, M. I. S., & Nurdiana, N. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(1).

Nitisusastro, M. (2012). Perilaku konsumen dalam perspektif kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Ridlo, I. A. (2020). Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 5(2), 162–171.

Saragih, Bernatal & Frederic Morado Saragih. 2020. Hubungan Berbagai Faktor Dengan Kebiasaan Makan Pada Masa Pandemi Covid 19. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

Sharma, M. K. (2014). The impact on consumer buying behaviour: Cognitive dissonance. Global Journal of Finance and Management, 6(9), 833–840.

Sheth, J. (2020). Impact of Covid-19 on consumer behavior: Will the old habits return or die? Journal of Business Research, 117, 280–283. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.059

Sumartono, & Djabar, H. B. (2002). Terperangkap dalam iklan: meneropong imbas pesan iklan televisi. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145