Penjualan Online Shop Amneeds.id Menggunakan Jasa Celebrity Endorser Sebagai Media Promosi

Amiruddin Hasan, Achmad Mustofa, A Razak, Amrusi Amrusi, Risma Chairunnisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penjualan yang terjadi pada toko online Amneeds.id setelah menggunakan jasa dari celebrity endorser sebagai media promosi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, populasi yang diambil untuk penelitian ini adalah dari pemilik usaha dan konsumen yang membeli produk pada toko online Amneeds.id berjumlah 101 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 81 orang diambil dengan teknik sampling insidential. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terhadap variabel Penggunaan Jasa dan Media Promosi yang berpengaruh terhadap Penjualan Online dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis penelitian dengan uji T dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dengan SPSS versi 25 diperoleh nilai koefisien determinasi menunjukkan penggaruh dari penggunaan jasa terhadap penjualan online sebesar 0,481 atau 48,1%. Selanjutnya uji T pada taraf signifikansi 5% variabel penggunaan jasa terhadap penjualan online memperoleh nilai siginifikansi yang dibuktikan dari nilai t_hitung 5,843 > t_tabel 1,992 dan media promosi terhadap penjualan online yaitu t_hitung 8,350 > t_tabel 1,992. Sementara Uji F dengan taraf signifikansi < 5% yaitu 0,000 < 0,05 dan dibuktikan juga dari nilai f_hitung  35,702 > f_tabel 3,12. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara pengunaan jasa celebrity endorser sebagai media promosi terhadap penjualan online.

Kata kunci: Media Promosi, Penggunaan Jasa, Penjualan Online


Full Text:

PDF

References


Hasibuan, M. H. (2015). Pengaruh Penjualan Tidak Langsung (Online) Dan Penjualan Langsung (Offline)Terhadap Minat Beli Konsumen Teaveeshop Di Medan. Skripsi: Universitas Sumatera Utara

Herminingtyas, R. & Susetyarsi, T. (2015). Pengaruh Media Iklan Dan Model Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kopi Bubuk Siapsaji Merek Luwak White Koffie Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 7 (3), 96.

Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Nurdin, I. & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Pratiwi, A. M. (2021). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Satyagraha, 3 (2), 74-76.

Ramadhan, F. H. & Firdaus, M. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Mr.Creampuff Sebagai Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. JOM FISIP, 4(2): 3.

Saleh, M. Y. & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media.

Saniah, S. (2016). Pengaruh Persepsi Endorse Selebritis Terhadap Daya Tarik Iklan OSD (Oki Setiana Dewi) Online Di Instagram Pada Mahasiswi UIN Maliki Malang. Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sari, S. A. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Personal Selling, dan Harga Terhadap Pembelian Produk Smartphone (Studi Kasus Pelajar Kota Metro). Skripsi: IAIN Metro.

Sugiarto, D. S. (2006). Metode Statistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Triningtyas, D. A. (2016). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jawa Timur : CV. AE Media Grafika.

Utami, S. S. (2010). Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis.. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 8 (1), 62.

Widharta, W. P. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2 (1), 2-4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145