Pemanfaatan Media Dalam Promosi Pariwisata Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar)

Regal Vedrian, Muhammad Rakib, Mustari Mustari, Muhammad Dinar, Muhammad Ihsan Said Ahmad

Abstract


ABSTRACT

This study aimed towas to determine the utilization of tourism promotion media used by the Tourism and Culture Office of the Selayar Islands Regency in an effort to increase Regional Original Income. This study uses a descriptive qualitative approach. Informants in this study were officials of the Department of Tourism and Culture of the Selayar Islands Regency and tourists who visited tourist attractions in the Selayar Islands. Collecting data using interview, observation, and documentation methods. The results showed that the Department of Tourism and Culture of the Selayar Islands Regency in promoting tourism uses 4 promotion mixes, namely advertising, sales promotion, personal selling, and public relations. However, promotional activities have not been able to increase the Regional Original Income  of the tourism sector through the number of tourist visits. Regional levies for the tourism sector are only able to contribute no more than 0.5% of the Regional Original Income (PAD) of the Selayar Islands Regency.

Keywords: Promotional Mix, Tourism Promotion Media, Tourist Visits, Regional Original Income

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media promosi pariwisata yang digunakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Selayar dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu pejabat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Selayar dan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Kepulauan Selayar. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)  Kabupaten Kepulauan Selayar dalam mempromosikan pariwisatanya menggunakan 4 bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan hubungan masyarakat. Namun kegiatan promosi belum mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata melalui jumlah kunjungan wisatawan. Retiribusi daerah sektor pariwisata hanya mampu meyumbang tidak lebih dari 0,5% terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kata Kunci : Bauran Promosi, Media Promosi Pariwisata, Kunjungan Wisatawan, Pendapatan Asli Daerah (PAD)


Full Text:

PDF

References


Adiguna, D. (2019). The effect of location and the promotion mix on visitors ’ interest : The case of Muara Beting beach and the forest of Mangrove Muara Gembong Bekasi. 8(5), 1–13. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation

Aldebi, H., & Aljboory, N. (2018). The Impact of the Tourism Promotion-Mix Elements on the Foreign Tourists ’ Mental Images of the Jordanian Tourist Destinations ( A Field Study ). International Business Reseach, 11(1), 74–86. https://doi.org/10.5539/ibr.v11n1p74

Alyani, F., & Siwi, M. K. (2020). Pengaruh Jumlah Objek Wisata dan Jumlah Hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Barat. EcoGen, 3(2), 212–222.

Alyas, & Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Uasaha Roti Maros di Kabupaten Maros). Sosiohumaniora, 19(2), 114–120. http://eprints.unm.ac.id/20136/

Darmatasia, F., Irawan, B., & Apriani, F. (2020). Upaya Pengembangan Pariwisata Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. EJournal Administrasi Publik, 8(1), 8707–8718. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2020/02/EJOURNAL B (02-12-20-09-55-04).pdf

Ferdiansyah, A. (2019). Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Provinsi Sulawesi Selatan (Studi Kasus: Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Kebudayaan Dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan). Skripsi, Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung. http://repository.stp-bandung.ac.id/bitstream/handle/123456789/943/SKRIPSI VERSI KOMUNIKASI PEMASARAN (1)-dikonversi (1).pdf?sequence=1

Hidayah, N. (2019). Pemasran Destinasi Pariwisata. Alfabeta.

Humaizi. (2018). Use and Gratification Theory. USU Press.

Isdarmanto. (2017). Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Gerbang Media Aksara.

Karim, R., Latip, N. A., Marzuki, A., Haider, S., Nelofar, M., & Muhammad, F. (2021). The Impact of 4Ps Marketing Mix in Tourism Development in the Mountain Areas : A Case Study. Journal of Economics and Bussness Administration, 9(2), 231–245. http://dx.doi.org/10.35808/ijeba/700

Karman, Damayanti, C. N., & Dunan, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Melalui Instagram di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 48–62.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Inc.

Manafe, J. D., Setyorini, T., & Alang, Y. A. (2016). Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni, dan Budaya (Studi Kasus di Pulau Rote NTT). Bisnis Dan Manajemen Islam, 4(1), 102–123. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/1687

Mardiana, G. A. H. (2016). Analisis Kontribusi Sektor Pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kutai Timur. E-Jurnal Akuntansi, 5(3). https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i01.p20

Nevita, S. (2017). Pemanfaatan Media dalam Promosi Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan (Studi pada Disparekrafpora Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi, Universitas Andalas. http://scholar.unand.ac.id/40841/

Oktaviani, D. (2012). Analisis Pendapatan Asli Daerah Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Dalam Rangka Otonomi Daerah : Pendekatan Error Correction Model. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 10(2). https://doi.org/10.22219/jep.v10i2.3720

Paradina, D., Mahadewi, N. M. E., & Wiarti, L. Y. (2021). Strategi Pemasaran Daya Tarik Jatiluwuh, Tabanan, Bali Pada Era New Normal. Tulisan Ilmiah Pariwisata, 4(1), 13–22.

Pemerintah Daerah Selayar. (2017). Keputusan Bupati Kepulauan Selayar Nomor 453/VII/TAHUN 2017 Tentang Nama dan Lokasi Destinasi Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pemerintah Daerah Selayar. (2019). Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar No.6 tahun 2019 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan tahun 2019-2034.

Prastiyanti, D. P., & Yulianto, Y. (2019). Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(2), 174–184. https://doi.org/10.17509/jithor.v2i2.20993

Pratama, A., Rizali, & Yunani, A. (2019). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sektor Pariwisata Di Kabupaten Hulu Sungai Utara Regency. Jurnal Ecoplan, 2(2), 61–66. https://doi.org/10.20527/ecoplan.v2i2.18

Rafiqoh, P. A. H., Widyakanti, & Nugraha, I. (2021). Strategi Promosi Pariwisata dimasa Pandemi Covid-19 Pada Objek Wisata Bamboo Rafting Loksado. Jurnal Pariwisata Terapan, 5(2), 174–186.

Rahayu, N. S., & Mutiah. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Gresik dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Commercium, 4(1), 27–39.

Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata. 1(2), 54–69. http://eprints.unm.ac.id/20151/

Rakib, M., Syam, A., & Dewantara, H. (2020). Pelatihan Merancang Bisnis Online di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. 22(2), 129–134. https://ojs.unm.ac.id/dedikasi/article/view/16121/9329

Rizaldy, R. (2021). 20 Tempat Wisata di Selayar Terbaru dan Terhits Dikunjungi 2021. Nyero.Id. https://www.google.com/amp/s/nyero.id/tempat-wisata-di-selayar/amp/

Safitri, N. N. (2021). Media Sosial sebagai Sarana Promosi New Normal Pariwisata. Open Journal Systems, 13(3), 6595–6602.

Saraswati, H. D., & Afifi, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata di masa Pandemi Covid-19. Journal of Strategic Communication, 12(2), 138–155.

Sihombing, N. E., & Hutagalung, J. B. (2021). Strategi Pengembangan Serktor Pariwisata Kabupaten Toba dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 150–172.

Suryadana, M. L., & Oktavia, V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Alfabeta.

Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Pustaka Larasan.

Waani, H. F. (2016). Sosial Budaya dalam Pengembangan Pariwisata di Keluarahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Kota Manado. Acta Diurna, 5(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/download/12209/11788

Widodo, H. P. (2011). Peranan Dinas Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jurnal Reformasi, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.33366/rfr.v1i1.8

Wijaya, I. B. A. B., & Sudiana, I. K. (2016). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Penerimaan Pajak Hotel , Restoran dan Pendapatan Retribusi Obyrk Wisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bangli Periode 2009-2015. E-Jurnal EP Unud, 5(12), 1384–1407.

Wolah, F. F. C. (2016). Peranan Promosi dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Poso. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 5(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11722

Yanti, N. N. L., Aziz, I. S. A., & Wulandari, I. G. A. (2021). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan dan Lamanya Menginap Wisatawan Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Denpasar tahun 2011-2019. Warmadewa Economic Development Journal, 4(2), 60–67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145