JIGSAW II LEARNING MODEL IN IMPROVING LEARNING ACTIVITIES

Rahmah Dianti Putri

Abstract


This research aims at improving students’ learning activity of Economics Education study program FKIP University of Lampung. The researcher used learning model Jigsaw II  to attain the aim of this research where by using cooperative technique learning model in Jigsaw, students could study in a small group consists of 4-6 members heterogeneous and work interdependence together positively to deliver the learning material to the other group. Jigsaw is desinged to escalate students’ responsibility in mastering the learning material for himself and other members in the group. This classroom action research used a learning model by Kemmis and Mc Taggart. The learning model proposed by Stephen Kemmis and Robert Mc Taggart is close to the other learning model by Kurt Lewin since in the model proposed by Stephen Kemmis and Robin Mc Taggart model, there are four aspects in oe cycle which are the same as the model proposed by Kurt Lewin so that the change cannot be seen clearly. The result showed the improvement of students’ learning activity by using Jigsaw II.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung. Untuk tujuan tersebut penulis menggunakan model pembelajaran Jigsaw II, dimana model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dengan siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan bekerja sama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan  menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Jigsaw didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap penguasaan materi untuk dirinya sendiri dan juga anggota kelompoknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model PTK yang digunakan pada penelitian yaitu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Model yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart tampak masih begitu dekat dengan model yang diperkenalkan oleh Kurt Lewin. Dikatakan demikian, oleh karena di dalam satu siklus atau putaran terdiri dari empat komponen seperti halnya yang dilaksanakn Kurt Lewin sehingga belum tampak adanya perubahan. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan model Jigsaw II.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Aktivitas Belajar, Mahasiswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.