Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi SMA Negeri Di Kabupaten Pringsewu

Albet Maydiantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu dalam mempersiapkan pembelajaran ekonomi, (2) Mengetahui Guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu dalam melaksanakan pembelajaran ekonomi, dan Mengetahui Guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu dalam mengevaluasi pembelajaran ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru ekonomi SMA N di Kabupaten Pringsewu yaitu sebanyak 30 guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kompetensi pedagogik guru dalam merancang pembelajaran pada SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu berada dalam katergori baik. Terbukti yang memiliki kategori sangat baik sebanyak 5 orang atau 16,66 %, kategori baik sebanyak 20 orang atau 66,66 %, kategori cukup baik sebanyak 5 Orang atau 16,66 %. Kompetensi pedagogik dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu berada dalam katergori baik. Terbukti yang memiliki kategori sangat baik sebanyak 2 orang atau 6,67 %, kategori baik sebanyak 19 orang atau 63,33 %, kategori cukup baik sebanyak 8 Orang atau 26,67 %, dan kategori kurang baik sebanyak 1 orang atau 3,33 %. Kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa di SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu berada dalam kategori baik. Terbukti yang memiliki kategori sangat baik sebanyak 5 orang atau 16,67 %, kategori baik sebanyak 17 orang atau 56,67 %, kategori cukup baik sebanyak 6 Orang atau 20 %, dan kategori kurang baik sebanyak 2 orang atau 6,67 %.

Kata kunci: Guru Ekonomi, Kompetensi Pedagogik, Kabupaten Pringsewu


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY 4.0.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145