PENGARUH MINAT BACA DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO
Sari
The problem in this research is about the influence of reading interest and model of study to speech text writing intellect. Learning model is Cooperative study method type STAD. The purpose of this research is to find out the influence of reading interest, model of study and writing a speech text. This research concluded that the used of methodnof study was more influenced to writing speech text intellect than students' reading interest. That finding was shown that (12,67) > (4,09) which means there was an average difference of students' writing intellect which delivered by cooperative study method type STAD with CTL sample type was influeced to the intellect of students' writing speech text intellect. Where as (5,40) > (4,09) was proven that there was an interaction between those three variables.
Masalah penelitian ini adalah mengenai pengaruh minat baca dan model pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks pidato. Model yang digunakan yakni Kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara minat baca, model pembelajaran dan menulis teks pidato. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa daripada minat baca siswa. Hal tersebut ditunjukkan bahwa (12,67) > (4,09) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan menulis teks pidato siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan CTL tipe Pemodelan berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa. Sedangkan, (5,40) > (4,09) terbukti bahwa ada interaksi antara ketiga variabel tersebut.
Kata kunci: kemampuan menulis teks pidato, minat baca, STAD.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Alek dan Achmad H.P, H. 2010. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kadir. 2010. Statistika. Jakarta: Rosemata Sampurna.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Margono, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.
Murwani, R. Santosa. 2010. Statistika Terapan(Diktat). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Sriyanto, 2010. Pengertian Kemampuan. (Online)
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Trim, Bambang. 2011. Karier Top Sebagai Penulis. Jakarta:PPM.
Uno, Hamzah B. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.


