KEMAMPUAN MENENTUKAN RELASI MAKNA PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 BANJIT

Yetni Halimah, Karomani Karomani, Iqbal Hilal

Sari


The problem at this research is how does the ability of student in XI class of SMA N 1 Banjit in determining the meaning relation. The aim of this research is to describe the ability of student in XI class of SMA N 1 Banjit in choosing the relation of meaning. The method of this research uses desciptive method. This research data is colected through the written tes of instrument which is consisting 50 objective questions that are 30 multiple choice questions, 10 make and match questions and 10 esay questions. The instrument has been tested by realibility as many as 0,962. The result of this research shows that the average value of student ability in choosing the relation meaning is 69 include enough category. The high average value takes in determining hiponym that are 79. While the lowest average values are 60 which include less category.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan menentukan relasi makna pada siswa kelas XI SMA N 1 Banjit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menentukan relasi makna siswa kelas XI SMA N 1 Banjit. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen tes tertulis berisi 50 soal objektif, berupa 30 soal pilihan ganda, 10 soal menjodohkan dan 10 soal isian singkat. Instrumen telah dicobaujikan dengan realiabilitas sebesar 0,962. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa menentukan relasi makna sebesar 69 Dan termasuk kategori cukup. Skor rata-rata tertinggi berada pada apsek menentukan hiponim yakni sebesar 79 termasuk kategori baik. Sedangkan skor rata-rata terendah berada pada aspek menentukan polisemi yakni sebesar 60 termasuk kategori kurang.

Kata kunci: kemampuan, menentukan, relasi makna.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kusumah, Wijaya &Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindak Kelas Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa. Jakarta: Gramedia

Suyanto, Edy. 2011. Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.