PEMEROLEHAN KALIMAT ANAK DI PAUD BABUL ‘ILMI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAUD
Sari
The problem will be discussed in this research is how about the children’s acquisition of sentences at Babul ‘Ilmi playgroup are types of sentences and implication for playgroup learning?. The purpose of this research is to describe the Babul ‘Ilmi children’s sentences acquisition and implication for playgroup learning. Qualitative descriptive method is used in this research by the writer. The population of this research is children in the Bulan class playgroup Babul ‘Ilmi’ which ammount six children. Observation technique is used to collect the data. The result of this research on the children’s acquisition of sentence is founded that the children got kinds of incomplete sentences, inversion, singular, plural, news, order, and for request something. The result of this research can be implicated for learning and teaching system in playgroup. It will be new knowledge for children to continue the study in the future.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pemerolehan jenis-jenis kalimat pada anak di PAUD Babul ‘Ilmi dan implikasinya terhadap pembelajaran di PAUD?. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pemerolehan jenis-jenis kalimat pada anak di PAUD Babul ‘Ilmi dan implikasinya terhadap pembelajaran di PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualiatif. Sumber data penelitian ini adalah anak-anak di kelas Bulan PAUD Babul ‘Ilmi’ yang berjumlah enam anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian mengenai pemerolehan kalimat pada anak di PAUD Babul ‘Ilmi’ ditemukan bahwa anak-anak sudah memperoleh jenis-jenis kalimat tak lengkap, inversi, tunggal, majemuk, berita, perintah, dan tanya. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran PAUD dan sebagai pendidik agar mampu membantu anak memberikan pengarahan berupa penggunaan kalimat yang baik dan benar sehingga kalimat yang digunakan anak dalam berkomunikasi dapat dimengerti serta menjadi bekal pengetahuan anak untuk persiapan melanjutkan pendidikan.
Kata kunci: implikasi, pembelajaran PAUD, pemerolehan kalimat.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Mukhtar. 2010. Bimbingan Skripsi, Tesis, dan Artikel Ilmiah. Jakarta: Gaung Persada Press.
Putrayasa, Ida Bagus. 2009. Jenis Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.
Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Warinka, Messa. 2012. Pemerolehan Bahasa pada Tataran Fonologi Anak Usia Tiga Tahun dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Berbahasa di Paud. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.