TUTURAN BERTANYA SISWA PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TK DAN PEMBELAJARAN NYA

Ratu Farry Alifia Azka, Nurlaksana Eko Rusminto, Mulyanto Widodo

Sari


The Issues that was discussed in this study was the students' asking speech in the teaching and learning process in the kindergarten and its implication to the language learning in kindergarten. The research design was descriptive qualitative. Source of the data in this research was the students of Al-Karim Kindergarten School. Data collecting technique that was used in this research was field note technique. The result showed that asking speech was done in two ways: directly and indirectly. Direct asking speech was used to express asking speech act. Indirect asking speech consisted of, asking speech act as the expression of informing, instructing, asking, begging and refusing speech act. The result of the research implicated to the language learning in Al-Karim Kindergarten school that was as the reference for the teacher to use asking speech in the teaching and learning process.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tuturan bertanya siswa pada kegiatan belajar mengajar di TK dan implikasinya pada pembelajaran bahasa di TK. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini siswa/siswi TK Al–Karim School. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan dan teknik catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan bertanya dilakukan dengan dua cara, yakni bertanya langsung dan bertanya tidak langsung. Tuturan bertanya langsung digunakan untuk mengekspresikan tindak tutur bertanya. Tuturan bertanya tidak langsung terdiri atas, tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur memberitahukan, memerintah, meminta, memohon, menolak. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pembelajaran bahasa di TK Al Karim School yang berupa referensi bagi guru untuk menggunakan tuturan bertanya dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata kunci: direktif, konteks, tindak tutur, tuturan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kartika, Atik. 2010. “Implikatur Percakapan dalam Tindak Tutur Memerintah Seorang Ibu kepada Anak Usia Prasekolah dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Taman Kanak-Kanak (TK)”. Skripsi Mahasiswa FKIP, Unila. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Leech, Geoffrey. 2003. Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, L. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2009. Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan, H.G. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.