Penokohan dalam Novel Dawuk Karya Mahfud Ikhwan dan Rancangan Pembelajaran di SMA

Eka Nadya Apriliani, Kahfie Nazaruddin, Bambang Riadi

Sari


The research was aimed to describe the types of characters, characterizations, and characterization techniques in the Dawuk novel by Mahfud Ikhwan and to design literature learning in Senior High schools. The method used in this research is descriptive qualitative. The data source is Dawuk's novel by Mahfud Ikhwan Ikhwan. The data analysis was done in order to describe types of character and, then describing the types of characters. The results showed that there were eight characters in the Dawuk novel by Mahfud Ikhwan and found nine types of characterizations. The method used in this character drawing is the direct method (telling) and the indirect method (showing).

 

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis tokoh, penokohan, dan teknik penokohan dalam novel Dawuk karya Mahfud Ikhwan dan rancangan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah novel Dawuk karya Mahfud Ikhwan Ikhwan yang telah diterbitkan oleh Marjin Kiri pada bulan Juni 2017. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis jenis tokoh dan teknik pelukisan tokoh, kemudian mendeskripsikan jenis tokoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 tokoh dalam novel Dawuk karya Mahfud Ikhwan dan ditemukan 9 jenis penokohan. Metode yang digunakan dalam pelukisan tokoh ini ialah metode langsung (telling) dan metode tidak langsung (showing).

 

Keywords: novel, character, characterization, character ilustrating method.


Referensi


Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arantika, Arvi. 2019. Penokohan dalam novel sirkus pohon karya Anrea Hirata dan Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Mayangsari, Febriel. 2018. Perkembangan Watak Tokoh Utama Novel Memang Jodoh Karya Marah Roesli dan Rancangan Pembelajarannya di SMA. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Ikhwan, Mahfud. 2017. Dawuk. Tangerang Selatan: CV Marjin Kiri.

Lampung, Universitas. 2017. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Nurgiantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada.

Siswantoro. 2016. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh Dalam Cerpen Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.