Implikatur Percakapa Kumpulan Cerpen Filosofi Kopi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

M.Muhfid Choirudin, Iing Sunarti, Siti Samhati

Sari


This research was to describe the conversation implicature in the short story collection of Dewi Lestari's Coffee Philosophy and its implication to Indonesian Language learning in Senior High School. This research method is descriptive qualitative. The results of this study are the implications of conversations between antartigs in the form of literal direct speech, indirect speech acts, indirect speech acts are not literal using the mode and are supported by the underlying context of the speech. The results of this study can be implied in the learning of Indonesian language in Senior High School the students of class XI of the basic competence of 3.8 and 4.8 as an alternative learning materials of Indonesian language to learn aspects of speaking skills.

Penelitian ini untuk mendeskripsikan implikatur percakapan pada Kumpulan Cerpen Filosofi Kopi karya Dewi Lestari dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa implikatur percakapan antartokoh dalam bentuk tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, tindak tutur tidak langsung tidak literal yang menggunakan modus dan di dukung dengan konteks yang melatari tuturan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas kelas XI kompetensi dasar 3.8 dan 4.8 sebagai alternaltif materi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk melatih aspek keterampilan berbicara.

Kata kunci: implikatur percakapan, tindak tutur, modus, pembelajaran bahasa


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdullah, Alek dan HP, Achmad. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga

Lestari, Dewi. 2017. Filosofi Kopi Kumpulan Cerita Dan Prosa Satu Dekade. Bandung: Mizan Media Utama.

Lismayana. 2015. Implikatur Percakapan dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Bambu Kuning di Bandar Lampung. Bandarlampung: Universitas Lampung

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2010. Memahami Bahasa Anak-Anak. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitaian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh Dalam Cerpen Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Yustinawati, Nelly. 2015. Implikatur Pada Kolom Pojok Dalam Surat KabarLampung Post dan Implikasinya. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.