PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDARLAMPUNG

Devi Novitasari, Mulyanto Widodo, Ali Mustofa

Sari


This research was aimed at descriting the planning, implementation and evaluation in the learning process of writing short story in SMP Negeri 2 Bandar Lampung. This metnod of the research was qualitative descriptive. The result showed that in the implementation, there were two activities; teacher activity and students activity. There were three steps in teacher activities; introduction, main activity and closing. In main activity the students are able to (1) observe, (2) ask, (3) try (4) understand (5) and communicate. Teacher evaluated the student based on students attitude by observing the student directly, student knowledge by giving the written test and students skill by practicing to write a short story.

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada kegiatan pembelajaran menulis cerita pendek di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas yaitu, aktivitas guru dan aktivitas siswa. aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan ini terjadi aktivitas siswa yang meliputi (1) aktivitas mengamati, (2) aktivitas menanya, (3) aktivitas mencoba, (4) aktivitas menalar, (5) aktivitas mengomunikasikan. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi langsung, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tertulis berupa soal uraian, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik berupa membuat karangan teks cerita pendek.

Kata kunci: menulis, sastra dan pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.