REPRESENTASI KEKUASAAN PADA TINDAK TUTUR GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Jully Andry Yanto, Nurlaksana Eko Rusminto, Wini Tarmini

Abstract


The objective of this research is to describe kinds of representation of power in teacher’s speech acts in Indonesian Language learning. The research method used in this research was qualitative descriptive. Meanwhile, the data in this research was taken from the teacher’s speech acts consisting of the representation of power in assertive, directive, and expressive. The data collecting technique used was observation, recording, and field note. Moreover, the data was analyzed by using heuristic and interactive analysis. Based on the data analysis, it was found that there is the representation of power of the directive speech acts, the power used is position power, coercion, awards, skills, charisma. Meanwhile, the representation of power in assertive speech acts, the power used is coercion power, skills, awards. Finally, the representation of power of the expressive speech acts, the power used is position power, coercion, awards.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk representasi kekuasaan pada tindak tutur guru dalam pembelajaran bahasa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa tindak tutur guru direktif, asertif, ekspresif guru yang di dalamnya terdapat representasi kekuasaan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, rekaman, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis heuristik dan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya representasi kekuasaan pada tindak tutur direktif guru, kekuasaan yang digunakan adalah kekuasaan jabatan, paksaan, penghargaan, keahlian, dan kharisma. Representasi kekuasaan pada tindak tutur asertif guru, kekuasaan yang digunakan adalah kekuasaan paksaan, keahlian, dan penghargaan. Representasi kekuasaan pada tindak tutur ekspresif guru, kekuasaan yang digunakan adalah kekuasaan jabatan, paksaan, dan penghargaan.

Kata kunci: pembelajaran, representasi kekuasaan, tindak tutur guru.


Full Text:

PDF

References


Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jorgensen, Marianne W dan Louise J. Phillips. 2010. Analisis Wacana: Teori & Metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jumadi. 2005. Representasi Kekuasaan dalam Wacana Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Leech, Geoffrey N (M.D.D. Oka Penerjemah). 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Robbins, Stephen P. (Halida dan Dewi Sartika Penerjemah). 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Berorganisasi. Jakarta: Erlangga.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2010. Memahami Bahasa Anak-Anak: Sebuah Kajian Analisis Wacana Panduan bagi Guru, Orang tua, dan Mahasiswa Jurusan Bahasa. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


7 togel

sedunia toto

slot gacor

rtp slot

situs toto

kingwoodcarcare.com

situs toto

ROGTOTO

ROGTOTO

toto togel

slot dana

slot dana

bo togel

bandar toto online

slot88

situs toto

situs toto

toto togel

togel online

slot777

topup murah

harapan777

situs toto

AMDBET

cie4d

slot thailand

slot gacor

slot online

slot maxwin

https://souzokuzei-fukuyama.com/declaration.html

situs toto

kas77

Slot gacor

slot

link jepang88

neng4d kangtoto kangtoto2

judi slot

slot gacor

barbartoto

barbartoto

toto slot

slot depo 5k

winter 4d

situs slot

toto slot 4d

toto

slot depo 10k

slot gacor

pedro4d

https://lestrarflodhestar.is/clients/

borneo303

situs gacor hari ini

katakwin

kenzototo

macauslot88

judi bola

slot gacor

LIBRA168

sensa138

tvtogel

slot gacor

SLOT GACOR 777

slot online

Podcast88

amanahtoto

slot gacor

slot

sukaspin

slot minimal depo 10k

slot777

slot gacor

slot gacor

paham777

togel macau

slot

slot gacor

7dewa

jablay123

slot gacor hari ini

slot gacor