ANALISIS PENYUSUNAN BAHAN AJAR RAGAM GERAK TARI BEDANA BERBASIS KOOPERATIF LEARNING
Abstract
Using a cooperative learning approach, Bedana dance movement teaching materials enhance students' understanding of the history, characteristics, meanings, movements, and clothing associated with the dance. Cooperative learning methods enhance students' social skills and problem-solving skills. They also enhance mutual trust and a sense of solidarity among students. The environment created not only encourages the improvement of knowledge and skills but also improves group collaboration. This research is carried out through a descriptive qualitative approach, which gives a complete picture of the subject. The initial score based on the student's needs for this material averages 3.58, and is in the good category. Therefore, this method not only improves understanding of Bedana dance, but also nurtures a mutually supportive and constructive attitude in an inclusive and continuous learning process.
Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif, bahan ajar gerak tari Bedana meningkatkan pemahaman siswa tentang sejarah, karakteristik, makna, gerak, dan pakaian yang terkait dengan tarian tersebut. Metode belajar kooperatif meningkatkan keterampilan sosial dan pemecahan masalah siswa. Metode ini juga meningkatkan rasa percaya satu sama lain dan rasa kebersamaan siswa. Lingkungan yang dibuat tidak hanya mendorong peningkatan pengetahuan dan keterampilan tetapi juga meningkatkan kerja sama kelompok. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif, yang memberikan gambaran lengkap tentang subjek. Hasil awal berdasarkan kebutuhan siswa untuk materi ini memperoreh rata-rata 3,58, dan berada dalam kategori baik. Oleh karena itu, metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman tentang tarian Bedana, tetapi juga menumbuhkan sikap yang saling mendukung dan membangun dalam proses pembelajaran yang inklusif dan berkesinambungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin, J. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN ELEMENTARY SCHOLL. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02).
Arsana, I. W., Irnawati, I., Suhartono, S., L, B. B., Widyatama, P. R., Ayulusiana, W. E., & Listanto, K. P. (2023). Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Bahan Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Manggali, 3(1). https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2386
Bungai, J., Rachmawati, L., & Nugroho, W. (2023). PENDAMPINGAN PENDIDIK SD PENGGERAK PALANGKA RAYA DALAM PEMBUATAN BAHAN AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAHAN GAMBUT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02). https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Gusrianto, R., & Rahmi, U. (2022). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Kelas VII SMP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.119703
Hakim, A. R., Fauzia, E., & Rani, P. (2023). Analisis Kritis Tantangan Pendidik dalam Islam di Era Disruption 4.0. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5). https://doi.org/10.35931/aq.v17i5.2696
Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Pendidik Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 3(2).
Komariah, Y. (2018). Jenis-Jenis Bahan Ajar. Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Kuningan Terintegrasi Nilai Karakter Dalampembelajaran Apresiasi Sastra Di Sm, 5.
Kuncoro, I. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Learning dalam Efektivitas Pembelajaran. AL Wafi: Journal of Islamic Studies, 1.
Megawati, C., Astini, D., Syahputra, I., & Zulkarnaini. (2022). Penggunaan Model ADDIE dalam Pengembangan Bahan Ajar. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).
Merdeka, .com. (2023). Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Berikut Penjelasannya. In 28 Februari 2023.
Neliwati, N., Lesmana, B., Sari, L. E., & Azhari, R. A. (2023). Strategi Pembelajaran Kooperatif Learning pada Pembelajaran PAI Kurikulum 2013 di SMP 35 Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1830
Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., & Putri, T. A. S. (2023). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6514
Prakoso, L. Y. (2021). Deskriptif Kualitatif Methode. Defense Study, October.
Queen, T. G., Artharina, F. P., & Wakhyudin, H. (2024). ANALISIS BAHAN AJAR IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV DI KOTA SEMARANG. Wawasan Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17366
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Resa, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Pendekatan Understanding by Design. Jurnal Primary, 4(1).
Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33). https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rofiah, C. (2022). ANALISIS DATA KUALITATIF: MANUAL ATAU DENGAN APLIKASI? Develop, 6(1). https://doi.org/10.25139/dev.v6i2.4389
Rustamana, A., Mutiara, A., Aprilia, N., Aini, A. Q., & Yuda, H. (2023). Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(7).
Sofyan, D., Arhesa, S., & Fazri, M. Al. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020.
Sugiyadnya, I. Km. J., Wiarta, I. Wyn., & Putra, I. Kt. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT terhadap Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(4). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21314
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
situs toto