Pengembangan LKPD Pembelajaran Cerpen Bermuatan Multikultural Dengan Model Discovery Learning untuk Siswa Kelas XI SMK

Fitria Asmawati, Nurlaksana Eko Rusminto, Mulyanto Widodo

Abstract


 

Keterbatasan bahan ajar menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran cerpen. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKPD), mengetahui kelayakan Pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang memuat model pembelajaran multikultural dengan discovery learning untuk siswa kelas XI SMK, dan mengetahui tanggapannya. guru dan peserta didik pada pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKPD) cerita pendek yang memuat model pembelajaran discovery multikultural untuk siswa kelas XI SMK. Penelitian ini menggunakan metode (Reasearch and Development / R&D) dengan tiga tahapan utama yaitu hasil studi pendahuluan, pengembangan produk, produk atau hasil pengembangan.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan produk bahan ajar berupa LKPD pembelajaran cerita pendek (cerpen) bermuatan multikultural dengan model discovery learning untuk siswa kelas XI di SMK. membuat LKPD pembelajaran cerpen yang memuat multikultural dengan model discovery learning bertujuan agar siswa dapat menelaah unsur-unsur yang terkandung dalam bacaan cerpen yang memiliki muatan multikulturan sehingga siswa dapat mengembangkan sikap toreransi dari segi kebudayaan, pengetahuan .Bahan ajar yang berupa Lembar KerjaPeserta Didik (LKPD) tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahamandanhasil belajar siswamengenaimateri pembelajarancerpen yang bermuatan multikultur sehingga siswa dapat menerapkan nilai-nilai yang mengandung muatan multikultur dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari.

 

 K ata kunci: LKPD, multikultural, pembelajaran cerpen.

Artikel Doi: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v7i3.2019.05

      

Full Text:

PDF

References


Cahyani, Isah.2010.Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.Bandung:Lembega Penelitian UPI.

Hasan, S. Hamid.2000.Pendekatan Multikultural untuk Penyempurnaan Kurikulum, Bandung:Remaja Rosdakarya

Ika,Lestari.2013.Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi.Padang:Akademia Permata.

Mulyana. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi.Bandung: Remaja Rosdakarya. Nurhadi. Burhan Yasin, Agus Genad Senduk. (2004).

Mahfud, Choirul. 2011. Pendidikan Mutikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Naim, ngainun & Achmad Sauqi. 2011. Pendidikan Multikultur Konsep dan Aplikasi. Jogyakarta: Ar-ruzz media.

Wijaya, Atika. (2012). Masyarakat Indonesia yang Multikultural. Yogyakarta: Bahan Ajar tidak diterbitkan.

Isah Cahyani. 2012. Studi Deskriptif Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter Pada Sekolah Multikultural Sd Slamet Riyadi Bandung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Raharja, Setya. 2010. Mengkreasi Pendidikan Multikultural di Sekolah dengan Menerapkan Manajemen Mutu Sekolah Secara Total. Jurnal Manajemen Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats