Pengembangan LKPD Pembelajaran Cerpen Bermuatan Multikultural Dengan Model Discovery Learning untuk Siswa Kelas XI SMK

Fitria Asmawati, Nurlaksana Eko Rusminto, Mulyanto Widodo

Abstract


 

The limitations of teaching materials become one of the problems faced by teachers in the learning process, especially short story learning. Therefore in this study aims to produce products in the form of student worksheets (LKPD), know the feasibility of student worksheets (LKPD) short story learning that contains multicultural models with discovery learning for class XI students in vocational high schools, and know the responses of teachers and participants students on student worksheets (LKPD) short story learning that contains multicultural models of discovery learning for class XI students in Vocational High Schools. This research uses the method (Reasearch and Developmen / R&D) with three main stages, namely the results of preliminary studies, product development, products or the results of development.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanapengembangan produk bahan ajar berupa LKPD pembelajaran cerita pendek (cerpen) bermuatan multikulturaldengan model discovery learning untuk siswa kelas XI di SMK. Pengembangan LKPD pembelajaran cerpen yang memuat multikulturaldengan model discovery learning bertujuan agar siswa dapat menelaah unsur-unsur yang terkandung dalam bacaan cerpen yang memiliki muatan multikulturan sehingga siswa dapat mengembangkan sikap toreransi dari segi kebudayaan, pengetahuan.Bahan ajaryang berupa Lembar KerjaPeserta Didik (LKPD) tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahamandanhasil belajar siswamengenaimateri pembelajarancerpen yang bermuatan multikultur sehingga siswa  dapat menerapkan nilai-nilai yang mengandung muatan multikultur dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

Kata kunci:LKPD, multikultural, pembelajaran cerpen.


      

Full Text:

PDF

References


Cahyani, Isah.2010.Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.Bandung:Lembega Penelitian UPI.

Hasan, S. Hamid.2000.Pendekatan Multikultural untuk Penyempurnaan Kurikulum, Bandung:Remaja Rosdakarya

Ika,Lestari.2013.Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi.Padang:Akademia Permata.

Mulyana. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi.Bandung: Remaja Rosdakarya. Nurhadi. Burhan Yasin, Agus Genad Senduk. (2004).

Mahfud, Choirul. 2011. Pendidikan Mutikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Naim, ngainun & Achmad Sauqi. 2011. Pendidikan Multikultur Konsep dan Aplikasi. Jogyakarta: Ar-ruzz media.

Wijaya, Atika. (2012). Masyarakat Indonesia yang Multikultural. Yogyakarta: Bahan Ajar tidak diterbitkan.

Isah Cahyani. 2012. Studi Deskriptif Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter Pada Sekolah Multikultural Sd Slamet Riyadi Bandung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Raharja, Setya. 2010. Mengkreasi Pendidikan Multikultural di Sekolah dengan Menerapkan Manajemen Mutu Sekolah Secara Total. Jurnal Manajemen Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.